Kabupaten Jayapura Juara Umum Kejurda Tenis Meja

JAYAPURA (PTIMES)- Sukses menggondol 3 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu, tim Tenis Meja Kabupaten Jayapura keluar sebagai juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tenis Meja Papua tahun 2019.
Kejurda Tenis Meja yang berlangsung sejak 12-13 Agustus 2019 ini ditutup secara resmi oleh Wakil Sekretaris Umum (Wasekum_) KONI Papua Rahmad Marimbun, Selasa malam (13/08) di Mall Jayapura.

Wasekum KONI Papua dalam sambutannya mengatakan Kejurda ini dilakukan sebagai bentuk melegalkan atlet Papua agar tidak terjadi saling klaim dari daerah. Termasuk wadah bagi atlet untuk persiapan POPNAS di bulan Oktober 2019 maupun pembinaan berjenjang PON Aceh Sumut 2022. Pasalnya, Tenis Meja merupakan cabor unggulan bagi Papua kedepan.
“PTMSI Papua harus buat banyak kejuaraan atau turnamen agar banyak pembinaan atlet dari daerah-daerah. Kejurda ini telah selesai yang tentu nama-nama atlet kita Papua sudah terdata di pusat sebagai atlet Papua nanti di PON 2020 mendatang,” kata Maribun.
Pria yang akrab dipanggil Koko itu mengapresiasi pembinaan prestasi yang dilakukan Kabupaten Jayapura, sehingga menorehkan prestasi di Kejurda saat ini. Oleh karena itu, diharapkan Pengcab di daerah melakukan hal yang sama, agar pembinaan atlet terus berkesinambungan dan tidak terputus karena Cabor Tenis Meja salah satu yang menjadi unggulan Papua.
“Terima kasih dari Kabupaten Jayapura yang sudah membina para atlet, ini membuktikan keseriusan untuk membangkitkan prestasi olahraga di tanah Papua. Apalagi kita akan menjadi tuan rumah PON yang tentu banyak target yang harus dicapai setiap cabor dalam meraih prestasi gemilang,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov)_ Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Papua, Solfianus Betaubun mengatakan setelah Kejurda ini, maka agenda selanjutnya persiapan atlet untuk pemusatan latihan berjalan di Jayapura sembari menunggu pencanangan TC terpusat PON 2020.
“Atlet kita sementara TC berjalan di Jayapura sambil kita menunggu pergeseran dari KONI dan Puslatprov Papua untuk TC terpusat di Jakarta, karena disana selain banyak turnamen/kejuaraan, menambah jam tanding mereka dan fasilitas latihan disana cukup lengkap,” tuturnya.
Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kejurda, George Weyasu mengatakan Kejurda ini diikuti 7 Kabupaten/Kota se-Papua dengan mempertandingkan 4 nomor yakni Beregu Putra/Putri dan Tunggal Putra/Putri. Khusus untuk nomor tunggal dibatasi umur dibawah 25 tahun berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan dalam regulasi PON XX ditahun 2020 mendatang.
“Untuk yang juara, tetap pertahankan dan terus ditingkatkan agar ketika di PON kita bisa mencapai prestasi gemilang dengan meraih dua medali emas, yang kalah jangan berkecil hati tetap semangat berlatih karena banyak kejuaraan/turnamen yang akan diikuti kedepannya,” harapnya.
Hasil Kejurda antara lain Beregu Putra Juara I Kabupaten Jayapura A, Juara II Kabupaten B, dan Juara III bersama Kabupaten Lanny Jaya A dan Kabupaten Lanny Jaya B. Sedangkan Beregu Putri Juara I Kabupaten Jayapura dan Juara II Kota Jayapura. Kemudian Tunggal Putri Juara I Hani Tri Azhari (Kab. Jayapura), Juara II Aisya Farah Aini (Kota Jayapura), dan Juara III bersama Gusti Nanda Pratiwi (Kab. Jayapura) dam Fitri Anjani (Kab. Jayapura). Di Tunggal Putra Juara I Hardian (Kota Jayapura), Juara II Gusti Saifull (Kab. Jayapura) dan Juara III bersama Gusti Aditya (Kab. Jayapura) dan Ferdinan Kalaka (Kab. Jayapura).

Editor: HANS BISAY/PANCA MPK