Garuda Rekrut 2 Pilot Papua

JAYAPURA (PTIMES)- Meskapai nasional Garuda Airlines resmi merekrut dua pilot perempuan asal Papua. Kedua pilot tersebut adalah Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar yang merupakan lulusan Nelson Aviation College, Selandia Baru.
Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan, perekrutan kedua pilot tersebut merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putera-puteri daerah yang berprestasi.
“Rekrutmen pilot yang merupakan putri daerah asal Papua ini merupakan wujud komitmen Garuda Indonesia dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra daerah yang berprestasi dan berdaya unggul untuk dapat berkontribusi dan mengembangkan karir bersama Garuda Indonesia Group,” kata Ari dalam keterangan tertulis, Rabu siang (31/7/2019).

Saat ini, tambahnya Garuda Indonesia Group memiliki standar perekrutan pilot yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Martha dan Vanda yang diterima di Garuda Indonesia Group menandakan banyak putera-puteri daerah yang memiliki daya saing unggul.
“Tentunya capaian kedua pilot asal Papua tersebut yang telah berhasil lulus proses rekrutment pilot ini merupakan hal yang patut diapresiasi, mengingat rekrutment pilot Garuda Indonesia Group memiliki standar requirement yang cukup tinggi,” katanya.
Martha nantinya menempuh pendidikan pilot untuk ditempatkan di Citilink Indonesia sedangkan Vanda akan mengikuti pendidikan pilot di Garuda Indonesia Training Center (GITC) pada awal Agustus 2019 mendatang yang rencananya akan mengambil rating tipe pesawat Boeing 737-800 NG. Pendidikan pilot yang akan dijalani kurang lebih selama enam bulan. Kemudian, di lanjutkan dengan fight training.
Baik Vanda maupun Martha merupakan penerima beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) dari Pemerintah Provinsi Papua dari sekitar 150 orang pelajar dan mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di Nelson Aviation College, Selandia Baru.
“Keduanya merupakan penerima beasiswa Otsus dari pemerintah Provinsi Papua yang kami kirim. Saya bangga sekarang mereka masuk di maskapai Garuda,” ujar Gubernur Papua, Lukas Enembe, Rabu (31/7/2019).
Vanda dan Marta tercatat pernah mendapatkan penghargaan sebagai penerbang terbaik sepanjang tahun untuk mahasiswa internasional (Best all round flying performance for international students). Mereka mendapatkan sertifikasi berupa; Private Pilot License, Commercial Pilot License dan Multi Engine Instrument Rating.
“Tentunya capaian Vanda dan Martha yang telah berhasil lulus proses rekrutment pilot ini merupakan hal yang patut diapresiasi. Karena rekrutment pilot Garuda Indonesia Group memiliki standar requirement yang cukup tinggi. Hal ini turut menandakan bahwa banyak putera puteri asal Papua yang memiliki daya saing yang unggul”, kata Gubernur Enembe.

Editor: HANS BISAY

Komentar