Gempa 6,3 Magnitude Guncang Sarmi

JAYAPURA (PTIMES)- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis gempa bumi tektonik dengan kekuatan gempa 6,3 Magnitude, Kamis, 20 Juni 2019, pukul 00.24.51 WIB mengguncang Kabupaten Sarmi dan sekitarnya.
Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T., Dipl.Seis., M.Sc dalam siaran pers yang diterima PAPUA TIMES menginformasikan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi Mw=6,2.
“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,23 LS dan 138,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 45 km arah barat daya Kota Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua pada kedalaman 11 km,”jelas Rahmat.
Dikemukakannya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Sarmi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sistem Sesar Mamberamo, tepatnya di sebelah Timur Laut Sarmi.
“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust),”ungkapnya.
Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Sarmi III-IV MMI, Sentani II-III MMI, Wamena I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.
Hingga pukul 00.43 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M=4,9. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”imbau Rahmat Triyono.

Editor: HANS BISAY

Komentar