Kabupaten Waropen Dengan PNS Korupsi Terbanyak

JAYAPURA (PTIMES)- Dari 29 kabupaten kota di Papua, terdapat 24 daerah yang Pegawai Negerinya Sipil (PNS) nya terlibat dalam kasus dugaan korupsi. Dan Kabupaten Waropen merupakan daerah dengan jumlah PNS terbanyak terkait kasus korupsi sebanyak 25 PNS, menyusul Kabupaten Biak Numfor 17 PNS kemudian Provinsi Papua dan Kabupaten Supiori masing-masing 10 PNS.
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Provinsi Papua, Paulus Dwi Laksono, mengatakan dari 146 PNS terlibat korupsi di 24 kabupaten dan kota se-Papua, terdapat 6 kabupaten yang pegawainya sudah dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Pemberhentian.
Sebanyak 29 PNS. Yakni 14 PNS di Kabupaten Waropen, 6 PNS di Kabupaten Nabire, 4 PNS di Kabupaten Sarmi, 3 PNS di Boven Digoel, 1 orang di Kabupaten Mappi dan 1 PNS di Kabupaten Jayawijaya. “Ada 18 Pemda yang belum menyampaikan SK Pemberhentian,”ungkapnya.
Paulus menegaskan jika sampai batas waktu yang ditentukan, Pemda-pemda yang PNSnya terkait korupsi belum juga dip roses SK pemberhentiannya maka ada ancaman sanksi bagi kepala daerah sebagai sebagai Pejabat Pembina kepegawaian (PPK) di wilayahnya.
“Artinya sesuai dengan surat Menteri PAN-RB, bila tidak ditindaklanjuti maka PPK, yaitu bupati, walikota atau gubernur akan dikenai sanksi pemberhentian sementara. Sehingga kita minta kerja samanya untuk segera memproses hal ini,”harapnya.
Sementara itu, Asisten III Bidang Umum Setda Provinsi Papua,Elysa F Auri,SE,MM memastikan 10 PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua yang terlibat kasus korupsi, bakal diberhentikan. “Kita sudah siapkan dokumen pemberhentian bagi PNS yang terlibat korupsi. Ada 10 PNS yang sudah pasti kita berhentikan,”kata Auri.
Data yang dirilis BKN menyebutkan dari 146 PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di provinsi dan kabupaten/kota se-Papua, 29 orang resmi diberhentikan, sementara satu orang dinyatakan bebas.
Sedangkan daftar Pemda di Papua yan PNSnya terlibat korupsi antara lain
1.Pemprov Papua 10 orang,
2.Kabupaten Waropen 25 orang
3.Kabupaten Biak Numfor 17 orang
4.Kabupaten Supiori 10 orang
5.Kabupaten Keerom 9 orang
6.Kabupaten Mimika 9 orang
7.Kabupaten Sarmi 9 orang
8.Kabupaten Kepulauan Yapen 8 orang
9.Kabupaten Nabire 7 orang
10.Kabupaten Merauke 6 orang
11.Kabupaten Asmat 5 orang
12.Kabupaten Boven Digoel 4 orang
13.Kabupaten Jayapura 4 orang
14.Kabupaten Paniai 5 orang
15.Kabupaten Pegunungan Bintang 4 orang
16.Kabupaten Puncak Jaya 3 orang
17.Kabupaten Dogiyai 2 orang
18.Kabupaten Mamberamo Tengah 2 orang
19.Kota Jayapura 2 orang
20.Kabupaten Deiyai 1 orang
21.Kabupaten Mappi 1 orang
22.Kabupaten Nduga 1 orang
23.Kabupaten Puncak 1 orang
24.Kabupaten Jayawijaya 1 orang

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar