Papua Target 5 Besar di POPNAS

JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua menargetkan berada 5 besar pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV yang akan berlangsung 10 Oktober 2019 mendatang di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Target itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua,Drs. Daud Ngabalin,M.Si di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, , Kamis (04/04/2019). “Sejauh ini persiapan kita sangat baik, dan kita siap target diperingkat 5 besar se-Indonesia,” kata Daud Ngabalin.
Menurutnya, ada beberapa Cabor yang dinilai mampu menyumbangkan medali emas bagi Papua pada saat POPNAS 2019 yakni Tinju, Karate, Atletik, Sepakbola dan Tarung Drajat.
Lebih lanjut kata Ngabalin, pada penyelenggaraan POPNAS 2019 akan mempertandingkan 20 Cabang Olahraga (Cabor) memperebutkan 267 medali emas. Kontingen Provinsi Papua akan menjalani Trainning Center (TC) atau pemusatan latihan pada bulan Mei 2019.

Tim Basket Papua Saat Mengikut POPNAS di Semarang Jawa Tengah

“Dari medali emas yang diperebutkan, kita pasti bisa dapat 5 persen medali emas saja pasti kita bisa jadi yang terbaik. Ada cabor yang punya potensi sumbang medali nanti bagi Papua seperti tarung drajat, atletik nomor lempar, tinju,” jelasnya.
Mengenai jadwal POPNAS yang bertepatan dengan kejuaraan yang akan diikuti Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Papua, Kadisorda menyatakan kedua iven tidak akan terganggu. “Kegiatan PPLP maupun POPNAS tidak akan terganggu. Karena bisa nanti di kejuaraan PPLP, atlet kita yang di POPNAS bisa jadikan itu sebagai ujicoba tanding, karena sangat membantu sekali,”akunya.
Tim Sepak Bola Papua Saat Mengikut POPNAS di Semarang Jawa Tengah

POPNAS 2019 mempertandingkan 20 cabang olahraga masing-masing Cabor Terukur meliputi Angkat besi, Atletik, Dayung, Renang. Cabor Beladiri terdiri dari Gulat, Judo, Karate, Pencak Silat, Taekwondo,Tarung drajat, Tinju dan Cabor Akurasi Panahan.Sedangkan Cabor Permainan meliputi Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Tenis Lapangan, Tenis meja, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Sepak Takrauw. Sedangkan Catur diperlombakan untuk eksebisi.

Editor: HANS BISAY

Komentar