PON Oktober 2020, Gubernur Pastikan TC April 2019

JAYAPURA- Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Tanah Papua dipastikan digelar pada bulan Oktober 2020. Kontingen Provinsi Papua ditargetkan masuk 5 besar.
Hal itu disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe.S.IP.MH di Gedung Negara Dok V Jayapura. Enembe meminta para bupati dan walikota se-Papua untuk mendukung penyelenggaraan PON XX dan memfasilitasi atlet-atlet Papua yang bakal berlaga di pada iven olahraga nasional empat tahunan itu.
“Saya harap semua pemerintah daerah mempersiapkan diri dengan baik, termasuk menyiapkan atletnya. Sebab kita punya target paling tidak bisa masuk lima besar saat pagelaran PON XX. Jangan sampai kita banyak kalah lalu keluar dari lima besar,”ungkap Gubernur.

Lukas Enembe yang juga Ketua Umum KONI Papua itu juga meminta semua Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) mempersiapkan atletnya dengan baik untuk mengikuti Training Center (TC) terpusat atau (pemusatan latihan) yang bakal dicanangkan April 2019. TC terpusat ini nantinya, lanjut Enembe, akan dikendalikan langsung oleh Tim Pemusatan Latihan Provinsi (Puslatprov) yang dinakhodai Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII Cenderawasih Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Irham Waroihan.
“Mau dibawa ke Inggris kah atau kemana untuk melakukan TC silahkan saja. Sebab kita akan kasih dana. Makanya sekali lagi atlet itu kita harus persiapkan secara baik supaya bisa meraih hasil yang baik pula,”tegasnya.
Enembe juga memastikan pembangunan Stadion Papua Bangkit masih tetap dilakukan dan dalam waktu dekat sudah rampung.
Sebelumnya, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si meminta seluruh Pengprov Cabor untuk segera menyerahkan data-data atletnya agar bisa mengikuti TC terpusat.
Dia menegaskan bahwa KONI telah mengambil sikap dan keputusan segera melakukan pencanangan TC Terpusatyang akan diikuti atlet dari Cabor-Cabor yang sudah menjalani TC berjalan. “Kami sudah rapat dengan tim bahwa yang sudah siap kita ikutkan TC terpusat,”tegasnya.

Kenius mengingatkan para Pengurus Provinsi (Pengprov) dari Cabor-Cabor yang belum mengirimkan data atlet untuk segera menyerahkan datanya supaya dapat bergabung. Dideadline atau batas waktu hingga akhir Maret 2019, seluruh Cabor harus sudah memasukan data atletnya. “Kita harapkan bulan Maret ini harus sudah tuntas semua, karena kita akan melakukan pencanangan TC terpusat,”akunya.

Editor: HANS BISAY