Akhirnya, Venue Hoki Dibangun Biak

Atlet Hoki Indoor Papuadan DKI Jakarta sebelum bertanding di Partai Final.

BIAK- Aspirasi masyarakat Biak Numfor agar venue Hoki di bangun akhirnya direspon Gubernur Lukas Enembe.S.IP.MH. Orang nomor satu di Papua itu memastikan pembangunan venue tersebut akan segera direalisasikan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua.
Sedangkan venue Hoki yang akan dibangun di Doyo, Kabupaten Jayapura akan tetap dilanjutkan karena sudah diakomodir pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Neara (APBN) lewat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017.
Gubernur mengaku seharusnya venue Hoki di Biak namun tidak diakomodir dengan baik oleh pimpinan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua sebelumnya. Makanya, tahun ini akan diakomodir lewat APBD karena PON Hoki akan dimainkan di Kabupaten Biak Numfor.
“Biak jadi tuan rumah Hoki, karena pemainnya ada di kota karang ini. Bagaimana mereka bisa bangun venue Hoki di Jayapura. Saya sampai marah-marah. Tapi kami sudah canangkan untuk nanti akan dibangun Jayapura tetap jalan, namun nanti akan dibangun satu venue Hoki di Biak,”ungkap Gubernur saat melantik Bupati Kabupaten Biak Numfor periode 2019-2024, Herry Ario Naap,S.Si.M.Pd, Selasa petang (19/3/2019) di Lapangan Cenderawasih Kabupaten Biak Numfor.
Pemprov Papua telah menetapkan kabupaten-kabupaten kluster PON XX tahun 2020 yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Jayawijaya, Merauke, Mimika dan Biak, ditambah empat daerah penyangga antara lain Kabupaten Keerom, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Supiori dan Kabupaten Tolikara.
Sebelumnya, Pengurus Federasi Hoki Indonesia (FHI) Provinsi dan atlet Hoki di Biak menggelar demo damai di Kantor DPRD Kabupaten Biak Numfor. Mereka mendesak pemerintah membangun venue Hoki di Biak.

Editor: YESAYA MANSAWAN