Akhirnya, Inpres Baru PON XX Papua Disepakati Segera di Kirim ke Presiden


JAKARTA- Rancangan Instruksi Presiden Presiden tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Olahraga serta Prasarana Pendukung dalam Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua telah rampung dan dalam waktu dekat disampaikan ke Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo.
“Setelah melalui pembahasan yang panjang di tingkat Kementerian, rancangan Instruksi Presiden tentang Percepatan Pembangunan/Rehabilitasi Prasarana dan Sarana Olahraga serta Prasarana Pendukung dalam Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua akan segera disampaikan ke Bapak Presiden Jokowi,”ungkap Kepala Kantor Penghubung Papua di Jakarta, Alex Kapisa,ST dalam press realesenya yang dikirimkan Kepala Biro Humas dan Protokoler Provinsi Papua, Israil Ilolu,SE.,M.Si ke PAPUA TIMES, Kamis sore (14/3/2019).
Kapisa mengatakan finalisasi Inpres PON tersebut merupakan hasil akhir dari Rapat Finalisasi Rancangan Instruksi Presiden tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI yang diselenggarakan di Hotel Aston Bogor 13-15 Maret 2019. Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto dan dihadiri oleh perwakilan Kementrerian/Lembaga serta Asisten II Bidang Perekonomian Pemprov Papua, Kepala Bappeda Provinsi Papua, Inspektorat Provinsi Papua, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua dan Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta.
“Pertemuan dua hari ini sangat produktif dan akhirnya dapat menyelesaikan Rancangan Inpres tersebut untuk segera disampaikan ke Bapak Presiden. Kemenpora menjadwalkan pertemuan sekali lagi dengan Seluruh Kementerian/Lembaga sebelum Inpres ini benar-benar disampaikan ke Presiden melalui Menteri Pemuda dan Olah Raga sebegai Pemrakarsa,”ungkap Kapisa.
Dia menambahkan seluruh peserta rapat yang hadir dalam pertemuan ini telah menyepakati muatan-muatan yang ada di dalam Inpres, dengan penambahan-penambahan beberapa hal penting dan strategis, seperti penanganan jalan alternative di Jayapura sebagai penunjang PON dan Wisma Atlit di beberapa lokasi.
Menteri pemuda dan Olahraga, lanjut Alexander, akan segera mengirimkan rancangan Inpres PON ke Bapak Presiden setelah pertemuan terakhir yang akan segera dijadwalkan oleh Kemenpora. “Setelah rancangan ini disempurnakan dengan mengacu pada hasil rapat dua hari ini. pada pertemuan selanjutnya hanya perlu penegasan dari masing=masing Kementerian/Lembaga mengenai muatan-muatan bahwa telah sesuai dengan usulan masing-masing. Pemprov sih inginnya segera saja difinalkan agar tidak menunggu lama lagi Inpres ini terbit. Kami berharap Bapak presiden dapat segera manandatangani Inpres ini karena sangat penting dalam proses penyiapan pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI” pungkas kepala Badan Penghubung Papua ini.
Sebagaimana diketahui bahwa Setelah road show Bapak Gubernur ke beberapa Kementerian /Lembaga pada bulan November disimpulkan untuk meminta kepada Bapak Presiden agar berkenan menerbitkan Inpres Baru tentang PON karena beberapa venue yang harus segera disiapkan sampai saat ini belum dikerjakan. Beberapa Menteri, khususnya Menteri PUPR bersedia untuk membantu pembangunan/penyiapan venue-venue yang dibutuhkan selama hal tersebut dimuat dalam Inpres, sebagaimana yang dilakukan pada saat penyiapan venue-venue Asian Games yang baru lalu.

Editor: HANS BISAY