Ketua PKK Papua Minta Posyandu Diaktifkan

PANIAI- Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Papua, Yulce W Enembe meminta TP PKK Kabupaten Paniai untuk mengaktifkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di kampung-kampung disana. Hal ini dimaksudkan agar layanan kesehatan ibu anak dan pendataan balita Papua dapat dilakukan dengan baik.

Ketua TP PKK Papua Saat Menandatangani Surat Keputusan (SK) Pelantikan Ketua TP PKK Periode 2018-2023

Yulce mengatakan dengan aktifnya Posyandu maka program Pemerintah Papua meningkatkan derajat kesehatan melalui menerapkan program Gerbangmas Hasrat Papua dapat direalisasikan. Dimana salah satunya fokus pada jaminan 1000 hari pertama kehidupan, guna memberikan jaminan kualitas pelayanan kesehatan serta asupan gizi dari sejak dini, mulai dalam kandungan, hingga dua tahun pasca pasca kelahiran. “Posyandu dihidupkan kembali untuk melakukan pendataan bayi berumur 0 – 4 tahun. Selama ini kurang pendataan,”kata Yulce disela-sela acara pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten Paniai, Jumat (23/11/2018) di Enarotali.
Ibu Gubernur Papua itu mengungkapkan pada masa lalu pendataan balita dan pelayanan gizi kepada bayi dirintis oleh para misionaris dari luar negeri. Dan hasilnya, para pejabat Papua yang saat ini memimpin adalah hasil kerja keras para misionari tersebut.

“Apa yang pernah di lalukan misionaris terhadap orang Papua perlu dilanjutkan oleh PKK dan perlu melibatkan masyarakat dan LSM untuk membangun ekonomi rakyat.
Untuk melayani masyarakat Papua, karena sekarang ini ekonomi keluarga dari kecil-kecil mulai maju. Kepada instansi terkait untuk sama-sama membangun daerah bersama pemerintah daerah,” ujarnya berharap.
Saat melantik Ketua TP PKK Paniai, Yulce Enembe meminta agar mendukung program pemerintah meningkatkan derajat hidup orang Papua mulai dari kampung, distrik hingga ke ibukota kabupaten..”Tugas ibu-ibu bukan hanya berada di dapur nelayani suami. Tetapi seorang Ketua PKK harus mendukung suami dalam pelayanan pemerintah,” katanya.
Sementara itu, Bupati Paniai, Deki Nawipa dalam sambutannya mengatakan kesiapannya mendukung program gubernur Papua membangun Posyandu dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di setiap distrik di Paniai. “Mendukung program gubernur akan membangun posyandu dan PAUD di setiap distrik.”

Editor: HANS BISAY

Komentar