Gubernur Dijadwalkan Bertemu Tiga Menteri

JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) pekan ini kembali akan melanjutkan road show Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Olahraga Paralimpik (Peparnas) XVI ke tiga kementerian. Antara lain; Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kegiatan ini dipimpin langsung Gubernur Papua,Lukas Enembe.S.IP,MH beserta rombongan untuk koordinasi sekaligus dukungan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas di Papua.

Sekda Saat Mendampingi Gubernur Road Show PON bertemu Menpora

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinanen,S.IP.MKP dalam update road show PON, Minggu (04/11/2018). “Minggu depan bapak Gubernur akan melanjutkan road show ke Kementrian Perhubungan, Kementrian PMK, dan Kementrian Keuangan.Demikian info yang perlu disampaikan kepada semua masyarakarat tentang kerja percepatan yg dilakukan oleh Bapak Gubernur Papua,”ungkap Sekda Papua.
Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP,MH beserta rombongan pekan kemarin telah melakukan pertemuan dengan sejumlah menteri dan pejabat di Pemerintah Pusat. Pada Selasa (30/10/2018) Gubernur bersama rombongan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri PUPR, DR. Ir. Basuki Hadimuljono dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungan untuk membantu menyukseskan PON XX tahun 2020 dan PEPARNAS XVI. Sedangkan 4 venue yg diperintahkan dibangun melalui Instruksi Presiden (Inpres) nomor 10 Tahun 2017 yang sudah ditandatangani kontraknya adalah Istora sedangkan venue Kriket, Hoki dan Aquatic segera ditandatangani.
Rabu (31/10/2018), Road Show dilanjutkan ke Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas). Kedua kementerian mendukungan PON dan Peparnas dengan mengarahkan perhatian terhadap program yg berada di 6 cluster penyelenggara dan 4 cluster penyangga;
Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM menegaskan bahwa kementeriannya siap mendukung penyelenggaraan PON dan dan Peparnas di Papua. Dia juga meminta agar rumah sakit di lima kluster PON Papua (Jayapura, Biak Numfor, Jayawijaya, Mimika dan Merauke) termasuk kabupaten-kabupaten peyangga (Kabupaten Keerom, Supiori, Kepulauan Yapen dan Tolikara) wajib dilakukan akreditasi. Kemudian Penyiapan fasilitas kesehatan untuk penanganan gawat darurat dan jaminan kesehatan terutama sanitasi dan gizi bahan makanan untuk PON. Dan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di seluruh kluster.
Foto Bersama Rombongan Road Show PON dengan Kepala BPKP

Sedangkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Prof. Bambang Brodjonegoro menyatakan Bapenas akan dalam waktu dekat akan menyiapkan skema penganggaran untuk mendukung pembangunan venue dan fasilitas PON.
Lanjutan road show, Kamis (01/11/2018) di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI) dan Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora). Kepala BPKP RI, Dr. Ardan Adiperdana.MBA usai menerima kunjungan kerja Gubernur Papua menyatakan kesiapannya membantu Pemprov Provinsi Papua dalam mengawal akuntabilitas pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 mendatang.
Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga Dr.(HC) H. Imam Nahrawi, S.Ag.MKP menyetujui hibah peralatan pertandingan yang digunakan pada Asian Games dan Asian Para Games untuk digunakan di PON dan Perparnas Papua.
Kemudian pada Jumat, (02/11/2018) tim Disorda Papua, KONI Papua dan BAPPEDA memfollow up pertemuan bersama Sesmen Kemenpora menindaklanjuti hibah peralatan dan Desk Papua Bapenas untuk mensinkronkan program di Kementrian/Lembaga.
Road Show PON yang dipimpin langsung Gubernur Papua diikuti Ketua DPRP Dr. Yunus Wonda, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP.MKP, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum, Doren Wakerkwa,SH, Asisten II Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Umum, Dr. Ir. Noak Kapisa, Asisten, Kepala Bapeda,Dr. M Mus’aad, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Drs. Daud Ngabalin Kepala Dinas PUPR,Girius O Yoman,S.pd, M.Si, kepala Biro Umum Emi Enembe,S.IP, Kepala Biro Humas dan Protokoler Israil Ilolu,SE.M.Si, Kepala Penghubung Daerah Papua di Jakarta, Alex Kapisa,ST, Kadis Kominfo Kansiana Salle dan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si dan lainnya.

Editor: HANS AL