Pemprov Proaktif Urus Pelantikan MRP

JAYAPURA- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP,MKP menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pempro) Papua proaktif mempercepat proses pelantikan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) jilid III.
Pelantikan lembaga kultur masyarakat Papua belum digelar karena masih ada proses validasi data di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) “Kita sepakat dengan dewan agar secepatnya anggota MRP dilantik. Karena kalau terlambat akan menghambant proses Pilkada Gubernur di Papua,”ungkap Sekda menginteraksi pernyataan Wakil Ketua Badan Pembentukan Perdasi dan Perdasus (BP3) DPR Papua, Ruben Magai yang meminta Pemprov Papua serius mengurus proses pelantikan anggota MRP.
Menurut Sekda hingga kini Departemen Dalam Negeri masih melakukan verifikasi data anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) jilid III. Sehingga proses pelantikan para wakil masyarakat asli Papua itu belum dapat dilakukan. Maka itu, dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan mengundang pejabat Departemen Dalam Negeri (Depdagri) untuk melakukan pembahasan terkait masalah tersebut. “Ada tahapan-tahapan yang harus dilewati. Kita harapkan tahapannya segera rampung sehingga pelantikan Anggota MRP segera dilakukan.”katanya.
Menurut Sekda, keberadaan MRP sangat urgen mengingat lembaga tersebut turut bertugas menseleksi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang tahapannya mulai bergulir. Diakunya, apabila pelantikan harus dilakukan segera, kalau tidak akan menghambat pelaksanaan Pilkada Gubernur di Papua.“Sesegera mungkin haruys dilantik. Karena ketiadaan MRP menghambat pelaksanaan Pilkada Gubernur di Papua,”ujar Sekda.

Editor: HANS BISAY

Komentar