KAP Akan Deklarasi Kebangkita Ekonomi OAP

JAYAPURA- Kamar Adat Pengusaha (KAP) Papua akan mendeklarasikan Kebangkitan Ekonomi Orang Asli Papua (OAP) pada tanggal 30 Agustus 2017 di Kantor Gubernur Provinsi Papua. Deklarasi ini diperkirakan akan diikuti 10 ribu orang yang tergabung dalam asosiasi mitra pengusaha Papua.
“Seluruh anggota KAPP yang berjumlah sekitar 10 ribu orang, akan turun mendukung kegiatan deklarasi itu.Sebab sudah saatnya kami bangkit untuk meminta hak kami diperhatikan sebagai aktor pembangunan di tanah Papua,” Ketua Umum KAP Provinsi Papua, Merry Yoweni, Selasa (22/8/2017) dalam keterangan persnya di Jayapura.
KAP Papua juga mendorong Gubernru Papua untuk segera menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Perdasus No 18 tentang Ekonomi Kerakyatan.
Menurut Merry Yoweni, dengan ditandatanganinya Pergub itu maka pengusaha asli Papua bakal mendapat bantuan sebesar tiga persen dari dana Otonomi Khusus. “Sebab dalam Perdasus 18 sudah mengamanatkan dana Otsus tiga persen untuk pengusaha OAP. Ini tentu merupakan sebuah pemberdayaan yang sangat baik,”kataya.
Ditempat yang sama Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Asli Papua (HIPAPRI), Frangky Mirino mendukung langkah KAP Papua untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan di Papua. Hal senada juga disampaikan perwakilan Asosiasi Pengrajin Noken Asli Papua, Merry Dogopia. Dia berharap Gubernur Enembe segera menandatangani Pergub tersebut.

Editor: HANS AL

Komentar