PON XX: Rugby Siap Amankan 2 Emas

JAYAPURA (PTIMES)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua memproyeksikan 2 medali emas dari Cabang Olahraga (Cabor) Rugby pada Pekan Olahraga Nasional Indonesia (PON) XX Oktober mendatang.

Untuk merealisasikan target tersebut Ketua Umum KONI Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH meminta jajaran pengurus, pelatih Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Papua untuk mempersiapkan atlet Papua yang berlaga di PON dengan maksimal.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

“”Rugby Papua harus jadi juara, artinya saat PON tahun ini Rugby Papua mampu meraih medali emas. Ini kesempatan kalian untuk buktikan bahwa kalian bisa menjadi terbaik di tanah ini,” pinta Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya disela-sela Inspeksi Mendadak (Sidak) atlet Rugby yang tengah menjalani latihan di lapangan PTC Entrop, Kota Jayapura, Rabu sore (18/3/2020).

Dia mengatakan Rugby merupakan salah satu Cabor permainan yang diunggulkan untuk meraih medali emas. Pasalnya, tim Rugby yang dihuni atlet putra-putri asli Papua memiliki catatan prestasi yang baik. 32 atlet Rugby Papua terdiri dari 16 atlet putra dan putri, murni atlet putra dan putri asli Papua sehingga menjadi nilai plus bagi Cabor ini.

“Saya bangga dengan atlet Rugby Papua baik putra mau pun putri yang merupakan putra dan putri asli Papua. Rugby Papua selalu menciptakan prestasi di beberapa even dan saya berharap Rugby Papua bisa memberikan prestasi di PON nantinya,” ungkap Kenius Kogoya.

Sekum KONI berharap Rugby kembali mampu mengulang prestasi gemilang mereka saat PON Jawa Barat 2016 lalu. Tim Putra dan Tim Putri Rugby Papua menjadi pendulang emas pertama bagi Provinsi Papua pada eksebisi PON XIX 2016. Prestasi di PON juga akan menjadi jembatan bagi atlet-atlet Rugby Papua untuk terus mendominasi Rugby Indonesia di ajang-ajang Internasional.

“Rugby Papua selalu menyumbang atletnya bagi Timnas Rugby. Dan saya mau sampaikan bahwa kalian bisa bertanding pada even-even Internasional. Sehingga saat PON harus bisa berikan prestasi bagi Papua,” tegasnya.

Untuk menambah taktik dan teknik, Kenius mengajak para atlet untuk memanfaatkan fasilitas teknologi. “Manfaatkan HP kalian dengan baik, selain dari pelatih, kalian juga bisa mengasah kemampuan kalian melalui vidio youtube,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekum KONI menyerahkan uang senilai Rp50 juta. Dimana 20 juta untuk ucapan syukur ke masing-masing gereja dan 30 untuk operasional tim.

Sidak Sekum KONI bersama pengurus dan tim medis mendapat apresiasi dari para atlet Rugby Papua. Kunjungan ini memotivasi mereka untuk giat berlatih dan siap mengharumkan nama Papua di PON XX.

Sementara itu, Ketua Harian PRUI Papua, George Deda,SE optimis dengan materi pemain dan latihan taktik serta tekhnik yang dari waktu ke waktu diasah, atletnya mampu menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Papua.

“PON Jawa Barat kita mampu meraih dua medali emas, dan semoga kita sebagai tuan rumah kita kembali bisa meraih dua medali emas,”tandasnya.
Sesuai dengan kalender PRUI Papua, atlet-atlet Rugby Papua dijadwalkan mengikuti kejuaraan nasional Jakarta Open pada bulan April 2020. Kejuaraan ini sebagai ajang try out atau uji coba atlet untuk memaksimalkan tekni bertanding mereka.
Setelah mengikuti kejuaraan tersebut, kata George, timnya langsung menjalani pemusatan latihan di Sukabumi Jawa Barat.

Editor: HANS BISAY

Komentar