oleh

BPS Kukuhkan Sahabat Sensus Uncen

JAYAPURA (PTIMES)- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura menggelar Rapat Koordinasi Kampus (Rakorpus) sekaligus pengukuhan puluhan mahasiswa Uncen sebagai Sahabat Sensus. Rakorpus dalam rangka dukungan perguruan tinggi dan mahasiswa untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) itu berlangsung di gedung rektorat Uncen, Senin (09/32020).

Kepala BPS Papua, Drs. Simon Sapari,M.Sc mengatakan kerjasama antara BPS dengan Uncen merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan SP2020 kepada masyarakat. Diera digital, sebagian besar masyarakat menggunakan teknologi komunikasi (HP Android) sehingga keberadaan Sahabat Sensus diharapkan dapat membantu dan mensukseskan program ini.

“Mengapa kami menggandeng mahasiswa Uncen sebagai relawan Sensus Penduduk, karena sebagian besar mahasiswa di era digital ini menggunakan teknologi komunikasi seperti telepon seluler android serta pergaulan mahasiswa sangat luas ditengan-tengah keluarga dan masyarakat,”ujarnya.

Sapari mengatakan tugas utama Sahabat Sensus adalah mengajak teman, keluarga, tetangga atau masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengisian SP 2020 online. Dan setelah sistem online nanti dilanjut dengan teknik wawancara ke masyarakat.

Saat ini, lanjut Simon Sapari, pengisian formulir SP2020 dilakukan secara online sehingga keberadaan Sahabat Sensus Uncen dapat membantu BPS mensosialisasikan cara mengisi formulir kepada masyarakat di Papua.“Cara mengisi formulir secara online makanya perlu sekali di pandu oleh Sahabat Sensus yang terdiri dari para mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi,”jelasnya.

Sementara itu, Pembantu Rektor IV Uncen, Dr. Fredrik Sokoy, S.Sos, M.Sos mengatakan dalam rangka mendukung dan mensuskakan program SP2020, Uncen menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM dan fasilitas kampus untuk menopang kegiatan sensus. “Uncen memiliki program studi statistika dan juga pusat kajian statistic sehingga dapat menopang BPS dalam mensukseskan SP2020,”ungkap Sokoy.

Ketua Panitia, Elijoi Naibaho SST. M.STAT dalam laporannya menyebutkan tujuan diadakannya Rakorpus SP2020 ini untuk sosialisasi dan publisitas SP2020 di Uncen sebagai pernyataan dukungan SP2020 dari Perguruan Tinggi sekaligus pengukuhan dan pencanangan Sahabat Sensus. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan response rate Sensus Penduduk Online,”katanya.

Rakorpus SP2020 digelar atas kerjasam BPS Papua dengan Uncen Jayapura dengan materi kegiatan antara lain pernyataan dukungan SP2020 dari perguruan tinggi, sosialisasi SP2020 serta pengukuhan dan pencanangan Sahabat Sensus serta penjelasan tugas, peran, dan mekanisme sensus penduduk online.

Editor: HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed