Tolikara: Bupati Beri Dana Hibah 8 Parpol

KARUBAGA (PTIMES)- Bupati Usman G. Wanimbo,SE,M.Si pekan ini menyerahkan dana hibah untuk 8 Partai Politik (Parpol) di daerah itu. Bantuan tersebut ditandatangani Bupati bersama 8 ketua Parpol dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kabupaten Tolikara di Kantor DPRD Tolikara di Karubaga, Jumat (06/03/2020).

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

Bupati Usman G. Wanimbo mengatakan bantuan keuangan untuk 8 Parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 didasarkan keterwakilan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolikara. Penandatanganan NPHD disaksikan Sekda Tolikara Anton Warkawani,SE, Asisten II Setda Tolikara Adi Wibowo,SH.

Menurut Bupati, bantuan dana Parpol itu bersumber dari APBD Tolikara tahun anggaran 2020. Bantuan keuangan Parpol ini besarannya tidak sama. Disesuaikan dengan perolehan kursi dari masing-masing partai politik. Dari 8 Parpol itu yang memiliki kursi banyak menerima dana lebih besar dibanding Parpol dengan kursi terbatas.

“Kami berharap dana bantuan tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sesuai posnya masing masing, seperti untuk pendidikan dan operasional sekretariat partai politik dan lainnya,”harapnya.

Kata Bupati, pemerintah berperan lain membantu Parpol dengan mensubsidi keuangan partai melalui mekanisme yang jelas, transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan perbaikan kualitas Parpol. Karena itu penyaluran bantuan dana ini disalurkan melalui rekening Parpol setelah melengkapi syarat keuangan pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tolikara.

“Tahapan proses pencairan bantuan dana ini di lakukan beberapa kali. Setelah pencairan kemudian pertanggungjawaban dana ke BPKAD Tolikara. Kemudian dilaporkan kepada Badan Pemeriksa Keuagan BPK RI.”

Dikemukakan Wanimbo, Parpol berperan penting dalam pembangunan oleh karena itu bantuan dana ini hendaknya menopang konsolidasi di internal partai dengan baik. “Mengingat peran pentingnya dalam proses konsolidasi demokrasi politik diharapkan pengurus partai politik berkontribusi untuk menguatkan dan membantu pelembagaan politik di tubuh partai politik,”tandas Bupati yang akrab dipanggil UGW itu.

Editor: YESAYA M/DISKOMINFO