oleh

Doren Wakerkwa : Semua OAP Punya Hak Daftar 14 Kursi

JAYAPURA (PTIMES) – Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa menilai wajar keinginan para pihak mengikuti seleksi anggota DPRP dari jalur 14 kursi (Otsus) periode 2019 – 2024, meski dari kalangan partai politik.

Oleh karenanya, dia berharap semua pihak bisa maklum, sebab para pendaftar tersebut pun merupakan orang asli Papua (OAP).

“(Terkait protes terhadap banyaknya orang partai yang mendaftar di jalur 14 kursi) saya rasa semua orang Papua memiliki hak yang sama untuk mendaftarkan diri”.

“Jadi, meskipun dulunya mantan anggota DPR, pensiunan Polri, pensiunan TNI ataupun mantan ASN semua berhak. Asalkan benar-benar orang asli Papua,” ujar ia di Jayapura, Kamis.

Menurut Doren, proses seleksi anggota 14 kursi DPRP dari jalur Otsus saat ini telah masuk tahap wawancara dan uji kompetensi. Dimana dari 721 orang asli Papua yang mendaftar, tersaring sekitar 454 orang dinyatakan lulus administrasi.

Pengumuman hasil tahapan seleksi administrasi pun sudah disampaikan lewat media cetak sehingga diharapkan bagi yang lolos untuk segera mempersiapkan diri memasuki tes berikutnya.

“Intinya jika tak ada halangan wawancara dan uji kompetensi akan dilakukan dalam waktu dekat,” ucapnya.

Sementara pada tahapan wawancara dan uji kompetensi, sambung ia, akan ditangani langsung oleh penguji dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Papua. Pihaknya berharap seluruh proses ini bisa terlaksana dan rampung dalam tahun ini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Musa Isir mengimbau seluruh calon anggota 14 kursi jalur Otsus yang telah dinyatakan lolos tes administrasi, agar mempersiapkan diri sebaik mungkin, mengikuti tes berikutnya.

EDITOR : ERWIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed