oleh

Penyelenggaraan PON Bakal Tingkatkan Pendapatan Pajak

JAYAPURA (PTIMES) – Kantor Pajak Pratama (KPP) Jayapura meyakini persiapan dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, akan meningkatan pendapatan pajak daerah.

“Kita estimasi dari iven PON, baik dari sisi pembangunannya maupun pelaksanaannya bisa meningkatkan pendapatan pajak. Sudah pasti akan ada efeknya,” terang Kepala KPP Jayapura Nugroho Apriyanto, di Jayapura, Rabu (29/01/2020).

Sementara untuk memaksimalkan peningkatan pajak jelang PON, KPP Jayapura bakal meningkatkan peran relawan pajak yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Dimana saat ini sudah ada sekitar 20 relawan pajak yang berasal dari lingkungan perguruan tinggi yang diharapkan bertambah di tahun ini.

“Keberadaan mereka pun berfungsi memberi bantuan serta mensosialisasikan pembuatan SPT. Dimana pada 2020, jumlah relawan ditargetkan meningkat dua kali lipat dibanding 2019, bulan ini pun sedang dilakukan rekruitmen,” tutur Nugroho.

Sementara menyoal penerimaan Jayapura pada 2019, ia mengakui tak mencapai target tahunan namun mengalami peningkatan dibanding capaiannya pada 2018 lalu.

“Untuk diketahui bahwa target pendapatan pajak kami pada 2019 adalah 2,681 triliun, sedangkan capaian Rp 2,576 triliun atau 96,81 persen dari target”.

“Tapi bila dibanding dengan pendapatan pada 2018, pada 2019 lalu terdapat peningkatan capaian sekitar 14,81 persen. Yang jika dilihat dari sisi sektor pendapatan, terbesar berasal dari sektor kontruksi yang kontribusinya mencapai 41,86 persen dari total pendapatan pajak di 2019,” kata ia.

Sedangkan untuk target di 2020, tambah Nugroho, bila melihat target pendapatan pajak nasional tahun ini, diperkirakan meningkat sekitar 22 persen.

“Jika diangka kan mencapai sekitar Rp 3 triliun. Tapi kan ada pelaksanaan PON di Papua sehingga target tersebut kami yakini akan bisa tercapai,” pungkasnya.

EDITOR : ERWIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed