oleh

PON XX : Wagub Pastikan Rp4,8 Triliun Untuk Penyelenggaraan PON Sudah Tersedia

JAYAPURA (PTIMES) – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal memastikan dana Rp4,8 triliun untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, sudah tersedia.

Kebutuhan dana Rp4,8 triliun tersebut, bersumber dari APBD Pemprov Papua Rp2 triliun, Rp500 miliar dari Kementerian Olahraga dan Pemuda serta Rp2,3 triliun disanggupi Presiden (memakai dana APBN 2020).

“Terkait persiapan PON XX luar biasa. Kemarin kita sudah rapat dengan Presiden dan tanggapannya sangat bagus. Presiden bersemangat membantu (termasuk pendanaan) supaya pelaksanaan PON Papua jalan baik,” terang dia di Jayapura, Kamis (23/1/2020).

Selain itu, sambung dia, Presiden juga telah menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga di Jakarta untuk mensukseskan pelaksanaan PON.

“Sehingga yang penting sekarang ini adalah kita di Papua harus bisa mengambil manfaat dari acara (PON) ini. Karena yang akan datang di PON untuk atlet maupun ofisial saja sekitar 12 ribu orang, belum ditambah pendukung dan lainnya”.

“Maka itu, saya ajak mari kita orang Papua yang punya kelebihan, buatlah sesuatu menjadi suvenir supaya pengunjung yang ke Papua bisa pulang bawa oleh-oleh, tetapi ada uang yang masuk ke kita,” ujar ia.
Wagub pada kesempatan itu juga memastikan akomodasi PON sudah tak ada masalah. Kapasitas penginapan untuk Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika dipastikan mencukupi.

“Hanya untuk Merauke untuk penginapan masih kurang. Namun ini akan menjadi perhatian kita kedepan untuk diselesaikan,” ucap ia.

EDITOR : ERWIN

Komentar

News Feed