oleh

APBD Kabupaten Yahukimo 2020 Ditetapkan Rp1,5 Triliun

JAYAPURA (PTIMES) – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Yahukimo 2020, resmi ditetapkan sebesar Rp1.552.169.680.016.

Penetapan APBD Kabupaten Yahukimo berlangsung pada salah satu hotel berbintang di Jayapura, lewat rapat paripurna masa sidang III dengan agenda penutupan sidang APBD Yahukimo tahun anggaran 2020, Rabu (8/1/2020) sore.

“Dengan ditetapkannya APBD 2020, kepada seluruh jajaran di Yahukimo untuk segera menjalankan program-program prioritas secara optimal. Tujuannya tentu agar kepentingan rakyat dapat terlayani secara maksimal”.

“Intinya seluruh program kerja yang direncanakan harus segera dilaksanakan, apalagi tahun ini Yahukimo akan ada Pilkada. Untuk itu, semua tahapan harus sudah segera dijalankan dengan baik secepatnya,” imbau Bupati Yahukimo Abock Busup kepada pers, disela-sela penetapan APBD tersebut.

Ia mengakui, penetapan kali ini mengalami penurunan sekitar enam persen dibanding tahun sebelumnya, sebesar Rp1.658.155.307.501,88.

Penurunan APBD Kabupaten Yahukimo 2020 dikarenakan selama ini Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) Pemerintah Pusat, tidak di transfer ke daerah.

“Dengan demikian, terjadi pengurangan program. Sementara pada 2019 lalu tidak ada pembayaran ke pihak ketiga, sehingga terjadi defisit”.

“Belum lagi adanya pengurangan dana otonomi khusus dari Rp110 miliar menjadi Rp64 miliar. Dengan demikian, ada beberapa program-program prioritas baik infrastruktur dan lainnya harus dipangkas agar ke depan tidak terjadi defisit lagi,” ungkap ia.

Abock menambahkan, APBD Yahukimo lebih cepat disetujui karena tahun ini ada agenda Pilkada. Penetapann yang lebih awal, untuk menunjang tahapan Pilkada yang diselenggarakan KPU, Bawaslu dan aparat keamanan.

“Dimana anggaran untuk KPU sebesar Rp75 miliar, Bawaslu Rp20 miliar, lalu TNI dan Polri Rp6 miliar. Bahkan dana tahap pertama untuk KPU dan Bawaslu sudah diberikan, yang mana masing-masing sebesar Rp2 miliar,” pungkas ia.

EDITOR : ERWIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed