oleh

PON XX: Papua Harus Juara di PON

JAYAPURA (PTIMES)- Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH meminta atlet-atlet Papua yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 wajib meraih medali emas dan Papua harus juara di iven empat tahunan itu.

Untuk mencapai target juara, Enembe menginstruksikan seluruh pengurus dan jajarang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untu menyiapkan atlet Papua terbaik supaya tampil maksimal di PON 2020.

“Saya berharap di PON 2020, Papua menjadi juara. Syukur jika Papua yang menjadi juara satunya,tentu itu lebih hebat lagi. Paling tidak kita harus juara diluar Pulau Jawa,”pinta Gubernur disela rapat kerja Pengurus Besar (PB) PON dan Sub PB PON serta penandatanganan sebaran cabang olahraga venue dan arena yang dilaksanakan di Hotel Horizon Abepura,Selasa(10/12/2019).

Orang nomor satu di Papua itu mekankan prestasi atlet Papua tergantung dari KONI Papua. Terutama dalam menyiapkan atlet Papua yang kini berjumlah sekitar 1000 lebih atlet yang sedang menjalani Training Center (TC) atau pemusatan latihan.

“Jadi semua ini bergantung pada kesiapan KONI Papua dalam mengurus para atlet Papua yang berlaga di PON 2020 nanti,sehingga kalau KONI Papua tidak urus baik,maka kesalahan itu ada pada mereka,bukan atletnya,”tegasnya.

Saat ini, lanjut Gubernur Enembe, Pemerintah Provinsi Papua terus berjuang untuk menyempurnakan terhadap seluruh kesiapan dalam mengsukseskan penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

“Kesiapan Papua sebagai tuan rumah pada PON 2020 terus dilakukan hingga kini,kita juga pastikan semua terkait dengan kebutuhan PON akan siap dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Papua,”ungkap Gubernur.

Terkait rasionalisasi anggaran, Gubernur meminta agar semua kegiatan yang di PON 2020 ini harus dirasionalkan dan jangan semaunya diajukan anggaran oleh bidang-bidang di PON 2020.

Dari awal kebutuhan dana untuk PON 2020 senilai Rp4 triliun. Namun hingga kini, anggaran yang ada Rp2 triliun di APBD Provinsi Papua. Untuk itu Gubernur meminta agar dana yang ada saat ini dirasionalkan,sehingga pihaknya berharap di APBD Perubahan nanti bisa mendapatkan separuh anggaran ini untuk menambah dana penyelenggaran PON 2020.

“Kami menargetkan agar perubahan anggaran nanti harus dilakukan pada bulan Maret 2020 untuk ditetapkan secepat mungkin,karena PON pelaksanaanya pada bulan Oktober 2020,”tanda Enembe.

Editor: YESAYA M/JOHANES P

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed