oleh

Kabupaten Tolikara: RSUD Karubaga Resmi Beroperasi

KARUBAGA (PTIMES)-Pelayanan medis dan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karubaga, Senin (02/12/2019) resmi dibuka. Layanan kepada masyarakat di rumah sakit yang baru dibangun di Igari Kabupaten Tolikara Provinsi Papua itu dipimpin langsung Direkturnya, dr. Delwien Ester Jacop bersama jajarannya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tolikara Anton Warkawani, SE yang melihat langsung layanan kesehatan di rumah milik pemerintah itu, meninjau pelayanan di Unit Gawat Darurat (UGD), Ruang Apotik, dan Ruag Ronsen, Ruang Bersalin serta beberapa ruang lainnya.

Usai meninjau RSUD, Sekda Anton Wakawani mengatakan awalnya RSUD Karubaga berada di Kogimagi namun karena kawasan di dalam kota Karubaga makin padat maka Bupati Tolikara Usman G Wanimbo,SE.M.Si memindahkan RSUD tersebut ke Igari.

“Pemerintah Tolikara membagun kawasan RSUD Karubaga di Igari demi meningkatkan mutu pelayanan yang aman dan nyaman,”kata Sekda.

Sekda mengakui selama ini pasien sakit berat seringkali dirujuk ke RSUD Wamena dan Jayapura karena peralatan medis kurang. Namun dengan dibagunkan RSUD yang baru dan sudah dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai dan kehadiran tenaga dokter spesialis maka RSUD siap melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan kondisi sakit berat maupun ringan.

“Setelah saya tinjau semua ruang pelayanan kesehatan, saya lihat peralatan medis sudah lengkap, dan tenaga dokter juga sudah lengkap”. BeberNya.

Menurutnya program unggulan Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M. Si adalah kesehatan dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan 1000 hari pertama kehidupan dan pendidikan dengan pendidikan gratis, sekolah berpola asrama,dan pembagunan asrama mahasiswa serta bantuan biaya studi bagi mahasiswa.

Pembagunan RSUD Karubaga di Igari ini salah satu komitmen Bupati Usman G. Wanimbo untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Karena itu RSUD Karubaga ini salah satu Rumah sakit lengkap dengan poli umum dan memiliki 4 gedung utama serta kawasannya terluas sehingga bisa mengembangkan pembagunan pemanfaatan kepentingan kesehatan lain.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Karubaga dokter Delwin Ester Jacop mengucap syukur karena RSUD sudah dibangun dengan baik. Pihaknya juga menyampaikan penghargaan kepada Bupati Tolikara yang sudah membangun rumah sakit tersebut.

“Saya berterimakasi kepada Bupati Usman wanimbo karena telah bagun RSUD Karubaga yang besar dengan memiliki kawasan luas bisa kita kembagkan”. Kata Direktur Delwien ester jacop.

Dokter Delwien jacop berharap semua warga Tolikara menjaga RSUD Karubaga ini bersama-sama sehinga pelayanana kesehatan terlayani dengan aman dan nyaman.

Pembukaan pelayanan didahului dengan ibadah syukur yang digelar di ruang UGD dilayani Pendeta Teodorus. Dalam khotbahnya, Teodorus menyampaikan harapan umat Tuhan Tolikara agar RSUD tersebut melayani dengan iman dan pengharapan.

“Sehingga setiap orang yang datang berobat di RSUD Karubaga ini dijamah dengan kuasa Allah disembuhkan. RSUD Karubaga di Igari ini menjadi tempat orang hidup,”khotbahnya.

Editor: LEPIANUS K/DISKOMINFO TOLIKARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed