oleh

Gubernur: Uncen Bertanggung Jawab Bangun SDM Papua

JAYAPURA (PTIMES)- Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH mengapresiasi Universitas Cenderawasih (Uncen) yang telah menopang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua. Hari ini, universitas tersohor di Bumi Cenderawasih itu telah memberikan sumbangsihnya dan terlibat secara aktif dalam proses pembangunan di Tanah Papua.

Uncen merupakan lembaga pemerintah pertama yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia di Provinsi Papua pada tanggal 10 November 1962. Dan merupakan perguruan tinggi negeri pertama di Tanah Papua yang telah berkontribusi dalam percepatan pembangunan di negeri ini.

“Kita berbangga karena tugas dan tanggung jawab itu telah dilaksanakan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat,”ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa,SH saat membacakan sambutan Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH disela-sela rapat terbuka senat Universitas Cenderawasih dalam rangka wisuda lulusan program doktor, program magister, program sarjana, dan program diploma periode III Tahun 2019 di Auditorium Uncen, Kamis (21/11/2019).

Dikemukakannya, sejak berdiri sampai saat ini, Uncen telah menghasilkan 73172 lulusan. Ini adalah prestasi yang luar biasa. Kualitas lulusan Universitas Cenderawasih tidak dapat diragukan lagi karena banyak pejabat yang ada di Pemerintah Provinsi Papua adalah lulusan Universitas Cenderawasih.

“Termasuk guru-guru, yang mengabdi di pesisir pantai, di gunung-gunung dan di lembah-lembah. Ada juga yang berkarya di dunia bisnis, politik, bahkan menjadi duta besar dan menteri. Kita semua harus bangga dengan Universitas Cenderawasih,”paparnya.

Gubernur Enembe berpesan kepada rektor besera jajaran, mahasiswa dan keluarga besar Uncen untuk menjaga universitas ini dari berbagai gangguan, baik yang datang dari luar maupun dari dalam.

“Kepada seluruh masyarakat agar kita juga turut serta membangun Universitas Cenderawasih. Terutama bagi orang tua yang anaknya sedang studi di Uncen untuk selalu mengontrol anak supaya betul-betul belajar sehingga dapat menyelesaikan studi tepat waktunya dan di wisuda seperti saat ini,”ajak Enembe.

Diharapkan generasi masa kini terutama para wisudawan dari Universitas Cenderawasih tampil sebagai sumberdaya manusia yang siap mengelola, dan memanfaatkan sumberdaya alam yang dimiliki papua.

“Termasuk bagaimana kemampuan kita mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam agar memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, dan bahkan di tingkat global. Untuk itu, wisuda ini kiranya menjadi energi positif bagi lahirnya generasi harapan dan generasi impian, yaitu generasi yang unggul secara intelektual, spiritual, dan berbekal keahlian yang dapat diandalkan,”pintanya.

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Papua akan terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas, berdaya saing, serta memberikan bekal untuk perwujudan masyarakat yang bermartabat dan berpengetahuan yang luas.

Editor: HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed