oleh

Sekda Akui Penataan Aset Pemprov Papua Amburadul

JAYAPURA (PTIMES) – Penataan aset di Bumi Cenderawasih sebagaimana diakui Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen, masih sangat amburadul (berantakan,red), meski sudah mendapat pendampingan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tak sampai disitu, terdapat penguasaan sejumlah aset Pemprov Papua yang dikelola pihak ketiga.

“Kendati demikian, kita pastikan lambat laun penataan maupun pembenahan aset terus kami perbaiki. Sebab cukup banyak juga aset tidak bergerak yang oleh bimbingan dan intervensi KPK, pada akhirnya semua bisa ditarik”.

“Padahal dalam benak kami susah untuk ditarik, tapi dengan keberadaan KPK, penertiban aset bisa terlaksana,” terang Sekda pada rapat penyelesaian pengalihan aset yang diikuti serah terima Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana Serta Dokumen (P3D) antara Pemprov Papua dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota, di Jayapura, Selasa (12/11/2019).

Dia berharap kedepan, ada komitmen dari semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di provinsi, kabupaten maupun kota, agar bertanggung jawab mengawasi seluruh staf untuk menata aset yang ada.

“Sebab kerjasama dan loyalitas serta dedikasi dalam melaksanakan tugas, apa yang susah? Tapi semua ini kita lakukan dengan hati yang tulus untuk kemajuan pembangunan diatas tanah ini,” ujar ia.

Sekda pada kesempatan itu menyoroti pemekaran kabupaten yang dinilai akibat pertimbangan politik. Hal demikian, diyakini mempengaruhi upaya penataan aset yang sementara didorong Pemprov Papua.

Dilain pihak, sebagian besar kabupaten di Papua masih mendapat opini disclaimer dari BPK RI karena penataan aset yang kurang baik,

“Jujur kita di Provinsi Papua sejak tahun 2017 harus membenahi aset ini. Tantantangan yang begitu berat kita hadapi, tetapi inilah kita pemerintah harus berkomitmen dulu”.

“Intinya kendala yang ada itu jangan sampai menghambat kita menyelesaikan penataan aset. Sebaliknya, saya yakin dan percaya dengan bimbingan KPK, kita bakal sama-sama mengurai tembok itu. Sehingga pada saatnya nanti semua itu bisa tertata dengan baik,” ucap ia.

Diketahui, kegiatan penyelesaian pengalihan aset yang diikuti serah terima P3D antara Pemprov Papua dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota, dihadiri seluruh Sekda se – Provinsi Papua.
Kegiatan pendampingan yang diprakarsai Dinas Kominfo Papua bersama KPK RI, digelar hingga Jumat mendatang.

EDITOR : ERWIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed