oleh

Pilkada 2020: Nasdem Papua Seleksi 78 Cabup-Cawabup

SENTANI (PTIMES)- Sebanyak 78 pasangan bakal Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) di Papua mengikuti seleksi dan pemaparan visi misi yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (DPW Partai Nasdem) Papua.

Puluhan cabup dan cawabup yang bakal bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 11 kabupaten tahun 2020 se-Provinsi Papua itu secara bergilir memaparkan visi misi selama 3 hari (3-5 November 2019) di Suni Grand Lake Hotel, Sentani Kabupaten Jayapura.

Ketua DPW Partai Nasdem Papua, Mathias Awaitouw,SE.M.Si dalam keterangan persnya di Suni Grand Lake Hotel, Sentani Kabupaten Jayapura, mengatakan seleksi yang dipelopori Partai Nasdem Papua ini bertujuan mencari calon-calon bupati dan wakil bupati terbaik yang bakal menjadi pemimpin di kabupaten dan kota.

“Sampai dengan hari ini 78 pasangan calon bupati dan wakil bupati mengikuti seleksi ini. Ini sebenarnya adalah fit dan propertest bagi para calon untuk memaparkan program mereka,”ungkap Mathias.

Lebih lanjut dikemukakannya pada seleksi tersebut, Nasdem melibatkan akademisi dari Universitas Cenderawasih (Uncen) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem dari 11 kabupaten untuk memberikan rekomendasi calon bupati dan wakil bupati yang dinilai memiliki program terbaik dan berpeluang menang di Pilkada 2020 nanti.

“Jadi ini kita melibatkan tim Uncen sebagai panelis. Ada dua hal yang menjadi penilaian yakni pertama mereka harus menjelaskan program-program keunggulan didaerahnya dan kedua adalah strategi pemenangan,”jelas Bupati Jayapura itu.

Setelah melalui proses seleksi, maka kata Mathias Awaitouw, pihaknya selanjutnya akan memutuskan 3 pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem memastikan akhir bulan November 2019.

“Setelah ini, kita mengusulkan ke DPP Novmber akhir. Setiap kabupaten kota hanya diusulkan 3 pasangan. Sebelum mengusulkan ke DPP, kita minta setiap pasangan calon melakukan survey melalui lembaga survey untuk melengkapi data untuk kami untuk mengusulkan ke DPP,”jelasnya.

Setelah diusulkan ke pusat, lanjut Mathias, DPP akan menggodok 3 pasangan calon yang diusulkan menjadi 1 pasangan calon yang nantinya diusung partai besutan Surya Paloh itu.
“Paling lambat Januari 2020 sudah ada satu nama pasangan calon yang akan diusung partai Nasdem pada Pilkada 2020,”tandas Bupati Kabupaten Jayapura dua periode itu.

Tahun 2020, Pilkada di Papua akan digelar di 11 kabupaten yakni Kabupaten Keerom, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Merauke, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Nabire, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo.

Editor:YESAYA M/AMANDUS H

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed