oleh

Pusbindiklatren Bappenas Gandeng Pemprov Papua Gelar Workshop

SENTANI (PTIMES)- Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan, Dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Senin pagi (04/11/2019) menggelar Seminar Lokal dan Workshop Penyusunan Rencana Pengembangan SDM/Human Capital Development Plan (HCDP) di Provinsi Papua, Senin (04/11/2019) Suni Grand Lake Hotel, Sentani Kabupaten Jayapura.

Kegiatan tersebut diikuti oleh alumni pelatihan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kawasan Timur Indonesia di Jepang asal provinsi Papua tahun 2019 dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSD) provinsi, kabupaten dan kota se-Papua.

Sesi diskusi panel terkait dengan Pengembangan SDM ASN menghadirkan Narasumber Widyaiswara Utama Bappenas, Dr. Ir. Dida Heryadi Salya, MA, Kepala Bagian Administrasi Lembaga Administrasi Negera (LAN), Feni Damayanti dan Boyke Semuel Jufuway,SH.MPP Kepala Sub Bidang BPSDM Papua.

Seminar dan Worskhop HCDP yang dipandu Agung Dewantoro dari (Pusbindiklatren) Bappenas membahas sejumlah materi diantaranya penyusunan analisi jabatan, penyusunan standar kompetensi jabatan, penilaian kinerja.
Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintah dan Hukum Setda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa,SH berharap dengan terselenggaranya kegiatan tersebut menguatkan komitmen bersama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua dalam rangka bersinergi membangunan SDM di kawasan timur Indonesia khususnya di Tanah Papua.

“Semoga apa yang kita laksanakan ini menguatkan komitmen bersama antara pusat dan daerah antara stakeholder terkait dalam rangka bersinergi membangun SDM khususnya di Provinsi Papua yang kita cintai ini,”kata Doren.

Dia juga meminta Pusbindiklatren Bappenas secara konsisten melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan SDM aparatur di Papua khususnya para ASN perencana sehingga kebijakan dan program pemerintah dapat direalisasikan tepat sasaran dan masyarakat di Bumi Cenderawasih dapat menikmati hasil pembangunan.

“Pepatah dari bangsa China mengatakan jika kita menginginkan hasil 1 tahun maka tanamlah padi, jika kita menginginkan hasil 10 tahun maka tanamhlah pohon, tetapi jika menginginkan hasil selama-lamanya maka tanamhlah atau bangunlah Sumber Daya Manusia,”tandas Asisten I Doren Wakerkwa.

Editor: HANS B/YESAYA M

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed