oleh

Sepak Bola Harus Lebih Mendunia

Oleh.Nico Dimo,SH

Mengamati hasil Pertandingan yang ditorehkan Tim Nasional Indonesia Senior. Rasanya sulit untuk untuk diterima akal sehat sebagai orang bola.

Kekalahan 3 – 1 Timnas Indonesia dari Vitnam menambah duka bagi perkembangan sepakbola Indonesia.

Papua kita berharap harus bangkit untuk menembus dan mencapai sepakbola dunia. Pembinaan di Papua kita berharap kedepan harus singkron dengan visi dan misi Gubernur Papua Lukas Enembe yaitu sepakbola Papua harus bangkit dan mendunia.

Karena itu mari kita mulai dari bagaimana kita awali kebangkitan sepakbola Papua dari pelaksanaan Kejuaran 4 tahunan sekali ini yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, dari Stadion Papua Bangkita Lukas Enembe sepakbola Papua mendunia.

Pola pembinaan kita berharap bersinergi antara Pemerintah Daerah Papua dan Negara penghasil pembinaan sepakbola terbaik, contoh Brazil, Spanyol, Jerman.

Pemerintah membentuk Akademi Sepakbola Papua, datangkan pelatih luar dari Brazil atau Spanyol, Jerman mereka ditugasi urus dan melatih pemain Papua lewat Akedemi sepakbola Provinsi Papua ini, dan pada ujungnya Pemerintah membuat sebuah Kesepakatan lewat MOU dengan Negara tujuan disanalah anak-anak Papua hasil pembinaan akademi sepakbola Provinsi Papua ini ditempatkan dan pada akhirnya mereka dibina disana untuk tampil pada kompetisi Liga Eropa atau Liga Amerika Latin sebagai pemain profesional.

Anak Papua kita harapkan jika terobosan Pemda Papua ini terealisasi tentu harapan kita bagi pemain Papua lupakan Liga I dan Liga II dan Liga III Indonesia, karena mengikuti kompetisi diLiga Eropa atau Liga Amerika Latin anda terbentuk berkualitas, baik mental, disiplin serta skilball dengan demikian Ketika pembentukan Timnas Pssi, maka saat itulah seluruh pemain Papua yang sudah berlabuh di sekumlah klub Eropa dan Amerika Latin akan bergabung dan kita yakin Timnas Indonesia akan berkualitas dan berprestasi ditingkat dunia.

(Penulis adalah mantan permain persipura era 80an )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed