Gubernur Terima Delegasi URI Amerika

JAYAPURA (PTIMES)- Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH, Kamis malam (10/10/2019) menerima delegasi University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat di Gedung Negara, Dok V Jayapura. Pertemuan antara Pemerintah Provinsi Papua dan URI USA itu merupakan tindak lanjut dari kerjasama kedua belah pihak bidang pendidikan.

Rombongan URI USA dipimpin langsung Wakil Rektor URI Gifty Ako-Adounvo, PhD, John Kirby, PhD Dekan Fakultas Kelingkunan dan Ilmu Hayati, dan Brook Ross, Direktur Kemitraan Pendidikan Asia URI.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...
Gubernur Bersama Delegasi URI Amerika di Gedung Negara Jayapura.

Sementara Pemerintah Provinsi Papua, Gubernur Enembe didampingi Sekretaris Daerah Hery Dosinaen,S.IP.MKP.M.Si, Asisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa,SH, Asisten II Setda Papua, Dr. Muhammad Musaad, M.Si, Kepala Bappeda Papua, Yohanis Walilo, S.Sos,M.Si, Kepala Biro Otonomi Khusus Provinsi Papua, Aryoko F Rumaropen,SP.MEng, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Drs. FX Motte,M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Aloysius Giay,M.Kes, dan sejumlah pejabat Provinsi Papua, Kepala Biro Humas dan Protokoler, Israil Ilolu,SE.M.Si, Staf Ahli Gubernur Johana AO Rumbiak, SE.MM, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Jhoni Way, S.Hut, M.Si, Plt. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Papua, Drs.Daud Ngabalin,M.Si dan pejabat lainnya.

Gubernur Enembe dalam kesempatan itu mengapresiasi jajaran civitas URI Amerika yang mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) asli Papua melalui program beasiswa serta kerjasama akademik dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Saat ini, lanjut Gubernur, terdapat 6 orang putra putri asli Papua yang mendapatkan beasiswa dari URI dan Pemerintah Providence Amerika. 6 pelajar Papua itu sebelumnya menjalani pendidikan di Everet Community College, Washington dan West Nottingham Academy, Maryland. Amerika Serikat. Mereka mendapatkan kesempatan bersama puluhan pelajar lainnya dari seluruh dunia untuk melanjutkan kuliah di URI karena memiliki nilai akademik dan prestasi tebaik di sekolah

“Anak-anak sebanyak 6 orang mendapat beasiswa kuliah di Universitas Rhode Island. Pemberian beasiswa ini merupakan yang pertama kalinya bagi anak-anak Papua dari Pemerintah Amerika. Kita menyampaikan terima kasih dan apresiasi,”ungkap Enembe.

Sementara itu, Wakil Rektor URI Gifty Ako-Adounvo, PhD mengatakan kerjasama URI dan Pemprov Papua bersama Uncen Jayapura merupakan sebuah kehormatan bagi pemerintah Amerika dalam mendukung pengembangan SDM asli Papua. URI siap mendukung visi dan misi Pemprov Papua di bidang pendidikan.

“Kami bangga bisa bertemu langsung dengan bapak (gubernur) di Papua. Salam hangat dari Rektor URI kepada bapak dan jajaran. Kami merasa kagum dan siap menopang visi misi bapak membangun masyarakat Papua,” ujar Gifty.

Perempuan asli Ghana itu juga menyampaikan selain memberikan dukungan beasiswa kepada putra-putri Papua untuk kuliah di URI. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi tenaga-tenaga pengajar di Tanah Papua untuk pengembangan keilmuan dan penelitian.

Enam pelajar Papua yang mendapatkan beasiswa dari URI antara lain Andreas Samuel Karma, Marike Agustin Tenawe dan Oddy O Vannar Krey Ocean Engineering dengan program studi Ocean Engineering (Teknik Kelautan). Kemudian Golda Meir A Wihyawari jurusan Fishery,Animal dan Veterany Science (Ilmu Perikanan). Sedangkan Juliet Pamela Waromi dan Carlos Omkie mengambil jurusan Politik Science (Ilmu Politik)

Editor: HANS BISAY

Komentar