oleh

KONI Umumkan Cabor PON XX

JAYAPURA (PTIMES)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua pekan depan akan mengumumkan Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa,ST mengatakan pembahasan Cabor PON XX antara Pemprov Papua, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan KONI Pusat telah memfinalisasi Cabor-Cabor yang akan dilombakan di PON nanti.

Hasil pembahasan Cabor PON tersebut nantinya secara resmi dikeluarkan KONI Pusat melalui Surat Keputusan (SK). “Kalau masalah surat keputusan (SK) cabang olahraga, nanti KONI Pusat yang keluarkan,”ungkap Kapisa yang dikonfirmasi, Senin siang (7/10/2019)

Menurut Kapisa, dari rapat finalisasi diputuskan bahwa PON di Papua hanya mempertandingkan 37 cabang olahraga. “Kita tunggu saja pekan depan KONI Pusat akan berkunjung ke Jayapura dan akan umumkan 37 cabang olahraga tersebut bersama bapak Gubernur yang juga selaku ketua umum KONI dan PB PON Papua,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP.M.Si mengatakan bukan hanya Cabor yang berkurang namun juga daerah penyelenggara atau kluster PON XX dari 5 kluster dan 4 kluster penyangga berubah menjadi 3 kluster penyelenggara (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Mimika) dan kluster peyangga di kabupaten Merauke.

Sementara itu, Rapat kaukus KONI se-Indonesia yang membahas jumlah cabor PON Papua tahun 2020, menghasilkan beberapa rekomendasi. Rapat itu sendiri digelar di Parapat, Simalungun, Sumut, September 2019 . Rekomendasi yang dinilai paling penting adalah, PON XX tahun 2020 di Papua harus tetap mempertandingkan 47 cabang olahraga.

10 Cabor yang oleh Papua direncanakan dicoret diminta untuk ditandingkan di provinsi lain namun tetap bagian dari PON 2020 Papua. Karena banyak daerah yang dirugikan jika gagal ditandingkan.

Ke-10 cabor yang rencananya dicoret oleh Papua adalah Balap Sepeda, Bridge, Kriket, Dansa, Gateball, Petanque, Ski Air, Soft Tenis, Tenis Meja, dan Woodball.

Editor: LAMBERTH P/HANS B

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed