Bangganya Ada Dokter Asli Papua Lakukan Operasi Hernia Disaksikan Live Tujuh Negara

JAYAPURA (PTIMES) – Warga Papua boleh berbangga, sebab telah “melahirkan” satu-satunya putra asli bumi cenderawasih yang meraih gelar profesor atau spesialis bedah internasional.

Adalah Prof. DR. Donald Aronggear, putra asli Papua yang juga merupakan spesialis bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Tak sampai disitu, Donal juga merupakan dokter orang asli Papua pertama yang melakukan operasi hernia secara live dan disaksikan tujuh negara se Asia Pasific. Yakni Tiongkok, Australia, Taiwan, India, Singapura, Korea Selatan dan Indonesia (Denpasar dan Papua ).

Prestasi tersebut membuat Sekda Papua Hery Dosinaen yang ikut menyaksikan proses operasi secara live menjadi sangat terkesan dan berbangga hati.

Sebab sampai saat ini tak banyak anak-anak asli Papua yang mampu mengikuti jejak Prof. DR. Donald Aronggear.

“Saya kita operasi hernia secara live ini sangat luar biasa. Ini membuktikan kalau anak Papua juga bisa dalam aspek kesehatan, bahkan mampu mengoperasikan teknologi canggih dalam proses bedah”.

“Saya kira ini membuat kami bangga dan semoga bisa memotivasi anak – anak Papua lainnya untuk bisa seperti dokter Donald,” ucap Sekda kepada pers, usai menyaksikan Live Demo Surgery, Asia Pasific Hernia Society (APHS) Conference, di RSUD Jayapura, Kamis (3/10/2019).

Oleh karenanya, Sekda mendorong untuk memberikan beasiswa bagi para anak-anak Papua dengan harapan kedepan mampu melahirkan calon pemimpin di bidang kesehatan, yang kemudian membangun daerah bumi cenderawasih.

“Intinya kita inginkan pada masa mendatang, ada anak asli Papua lainnya yang mampu meraih gelar profesor layaknya Prof. DR. Donald Aronggear. Ini harus kita dorong,” pungkas ia.

EDITOR : ERWIN

Komentar