oleh

BBPOM Jayapura Pastikan 18 Pemda Siap Sertifikasi Produk Lokal Untuk PON

JAYAPURA (PTIMES) – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura memastikan sebanyak 18 pemda di Papua, diantaranya Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Biak, Nabire, Merauke dan Jayawijaya, telah menyatakan kesiapan melakukan sertifikasi terhadap setiap produk lokal milik industri rumah tangga.

Produk lokal untuk dijual pada penyelenggaraan PON XX 2020 tersebut, diantaranya keripik maupun produk olahan lainnya yang telah dikemas rapi dan siap dijual.

Hal itu disampaikan Kepala BBPOM Jayapura HG Kakerissa, dalam keterangannya kepada pers, Selasa, di Jayapura.

Menurut dia, sisa 11 pemda lainnya, diminta segera memfasilitasi proses sertifikasi terhadap produk lokal milik industri rumah tangga.

Dengan harapan, produk industri rumah tangga dari seluruh kabupaten dan kota di Papua, segera mendapat izin edar dalam tahun ini.

“Karena jika sudah mendapat izin edar, maka produk-produk industri rumah tangga pangan ini tidak akan ditolak oleh toko maupun pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Untuk itu, kita dorong supaya seluruh pemda di Papua bisa segera melakukan sertifikasi,” imbuhnya.

Kakerissa menambahkan, institusinya saat ini fokus mengawal pangan sebelum PON. Pihaknya pun tengah menjajaki kerja sama dengan instans terkait seperti dinas kesehatan di seluruh kabupaten/kota.

“Sehingga dari hasil kerja sama ini, diharapkan para tenaga-tenaga pada di dinas terkait, di masing-masing kabupaten/kota, bisa sama-sama mengawal katering-katering untuk atlet PON 2020 mendatang,” pungkasnya.

EDITOR : ERWIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed