Gubernur Minta Dispensasi ke Perguruan Tinggi Soal Kepulangan Mahasiswa Papua

JAYAPURA (PTIMES) – Gubernur Papua Lukas Enembe memastikan bakal bersurat ke seluruh Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, guna meminta dispensasi terkait kepulangan 1.200-an mahasiswa asal bumi cenderawasih.

“Setidaknya kita akan minta supaya status mahasiswa yang pulang ke Papua ini semuanya diberi cuti. Sebab kalau tidak maka perkuliahan mereka bakal terbengkalai,” terang Lukas di Jayapura, Jumat.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029,PILIHAN ANDA?

View Results

Loading ... Loading ...

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja sebelumnya mendesak Pemprov Papua menghubungi pihak perguruan tinggi di seluruh Indonesia, untuk berkomunikasi meminta dispensasi bagi para mahasiswa yang pulang ke bumi cenderawasih.

Ia pun mengimbau Pemprov Papua untuk segera membuka posko guna menginventarisir mahasiswa yang mau pulang dan ingin kembali berkuliah.

“Sebab ada beberpa universitas di luar Papua pada bulan depan sudah akan memasuki mid semester”.

“Artinya, semakin lama mahasiswa tidak kuliah tentunya universitas bisa memberi sanksi. Untuk itu, kita harap ada komunikasi supaya mereka tidak sampai terkena masalah,” harap Kapolda.

Kapolda Papua memastikan sekitar 1200-an orang telah kembali ke Papua. Namun dirinya belum bisa memastikan seribuan orang itu apakah seluruhnya berstatus mahasiswa atau tidak.

“Sebab ada laporan sejumlah mahasiswa yang pulang itu statusnya sudah bukan mahasiswa lagi,” tuntasnya.

Editor : ERWIN

Komentar