Hasil Pertemuan Tokoh Papua Dengan Presiden Bukan Solusi

JAYAPURA (PTIMES) – Gubernur Papua Lukas Enembe menilai pertemuan para tokoh bumi cenderawasih dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu, bukan solusi untuk menyelesaikan akar masalah diatas tanah ini.

Meski sejumlah usulan dari para tokoh di setujui Presiden, ia menilai menyelesaikan masalah Papua tidak dengan cara seperti itu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“Kalau minta jabatan, minta Asrama dibangun, minta (pemekaran) provinsi, itu orang Papua akan mati terus dan bukan solusi,” tegas dia di Jayapura.

Ia katakan, 61 tokoh Papua yang hadir di Istana Negara, Jakarta, tak mewakili kepentingan seluruh masyarakat Papua. Pertemuan itu lebih kepada mengakomodir kepentingan pribadi (kelompok tertentu).

“(Para tokoh) Itu dari kelompok berbeda dan bukan dari aspirasi masyarakat atau pemerintah. Saya (saja pemerintah) tidak tahu (ada pertemuan dengan Presiden)”.

“Papua bukan satu suku saja karena ada 300 lebih suku. Sehingga tidak bisa orang tertentu yang berangkat tanpa pemberitahuan dari Pemerintah Provinsi Papua (untuk bertemu Presiden),” tegasnya.

Tokoh Papua, Abisai Rollo dalam pertemuan di Istana Kepresidenan meminta Presiden Joko Widodo membangun Istana Presiden di Papua. Bahkan, Abisai bersedia menyumbangkan lahan seluar 10 hektar tanahnya.

Editor : Erwin