Gubernur Akan Panggil Perwakilan Mahasiswa Yang Pulang

JAYAPURA (PTIMES) – Gubernur Papua Lukas Enembe berencana memanggil perwakilan mahasiswa dari seluruh kampus, guna membicarakan persoalan kepulangan mereka dari kota studi di luar daerah. Hal itu disampaikan Lukas dalam keterangan kepada pers, Kamis, di Jayapura.

Menurut dia, dalam pertemuan itu akan ditanyakan langsung mengenai alasan kepulangan mereka. Sehingga kemudian akan dicarikan solusi terbaik, supaya studi dari seluruh mahasiswa yang pulang, tidak terganggu.

SIAPA CALON GUBERNUR PAPUA 2024-2029, PILIHAN ANDA
  • Add your answer
Poll Options are limited because JavaScript is disabled in your browser.

“KIta masih belum mengetahui penyebab kepulangan mahasiswa Papua dari kota studi. Apalagi telah ada jaminan keamanan dari pimpinan daerah setempat serta pihak keamanan, TNI/Polri. Makanya, kita mau bertemu mahasiswa untuk mencari tahu sekaligus kasih solusi,” terang ia.

Sementara itu, Pangdam XVII Cenderawasih Masyjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengaku siap membantu keberangkatan kembali para mahasiswa yang pulang kembali ke bumi cenderawasih. Dua unit Pesawat Hercules disiapkan untuk mengangkut mahasiswa, kembali ke kota studi masing-masing.

“Kami punya 2 Pesawat Hercules untuk membawa mahasiswa. Berapa banyak yang mau kembali kita berangkatkan. Sebab satu pesawat sekali terbang bisa membawa 100 lebih penumpang,” tegasnya.

Kepulangan ratusan mahasiswa dari kota studi di luar Papua sebelumnya membuat pusing kepala daerah. Sebab mestinya, mereka tak perlu kembali ke Papua, apalagi sudah ada jaminan keamanan dari TNI/Polri serta kepala daerah setempat.

“Saya sampaikan waktu itu kalau di Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak aman yah kita pulangkan (mahasiswanya). Tapi kalau daerahnya aman, tidak usah pulang”.

“Mereka datang dengan kemauan sendiri, jadi kita ini pusing mengatur mereka mau taruh (tempatkan,red) dimana,” jelas Lukas.

Editor : Erwin