oleh

Korban Demo Rusuh Dapat Kompensasi Dari Pemprov Papua

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua menyiapkan kompensasi bagi keluarga korban meninggal dunia, akibat demo rusuh di Kota Jayapura, Kamis (29/9/2019) lalu.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan kompensasi tersebut bakal diberikan dalam bentuk dana tunai.
“Keluarga korban kami minta tenang, sebab kompensasi kepada mereka yang meninggal dunia kita sudah siapkan,” terang Lukas di Jayapura, Rabu.

Selain menyiapkan kompensasi bagi korban meninggal dunia, Pemprov Papua juga bakal membiayai pembangunan kembali rumah warga yang dirusak atau dibakar pendemo anarkis.

“Sebab itu menjadi tanggung jawab kami di Provinsi Papua. Karena untuk kerusakan gedung pemerintahan itu akan dibiayai melalui dana APBN. Sementara milik warga yang rusak itu tanggungjawa Pemprov Papua”.

“Intinya, kita akan bangun kembali rumah atau tempat usaha yang rusak dan terbakar. Tetapi juga kami beri dalam bentuk dana tunai kepada warga yang rumahya rusak, tapi tidak bisa kita bangun,” terangnya.

Sebelumnya, Lukas Enembe menilai penjarahan kantor gubernur di Jalan Soa Siu Dok II Jayapura, oleh masa demonstran, sudah direncanakan secara rapi oleh pihak-pihak tertentu.

Hal itu terbukti dari seluruh hasil jarahan massa demonstran, yang diketahui dibawa lari lewat jalur laut dengan perahu bermotor atau speed boat.

“Kita dapat laporan kenapa orang (pendemo,red) sudah siap speed boat (perahu bermotor) di laut (pantai depan Kantor Gubernur Dok II Jayapura). Ini orang (pendemo,red) sudah rencana jahat (untuk menjarah)”.

“Masakan datang demonstrasi sudah siap speed boat? Tapi itulah yang terjadi,” sesal Lukas.

Editor: Erwin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed