Perayaan HUT Demokrat, Lukas Enembe Semangati Kader Gagal di Pileg

Perayaan HUT Demokrat, Lukas Enembe Semangati Kader Gagal di Pileg
JAYAPURA – Perayaan HUT ke-18 Partai Demokrat yang jatuh pada 9 September 2019 kemarin, dirayakan oleh jajaran pengurus dan kader DPD Demokrat Provinsi Papua secara sederhana, pada salah satu hotel di Jayapura, Senin (10/9).
Ketua DPD Partai Demokrat Papua Lukas Enembe pun tak lupa menyemangati para kader yang kalah saat bertarung di Pileg lalu.
“Jangan berkecil hati walau tidak menang sebab napas kehidupan organisasi partai ini ada didalam diri seluruh kader. Karena itu, melalui perayaan Hut Demokrat ke 18, saya ajak kita semua bersatu membangun partai ini,” ucap Lukas.
Ia katakan, hasil Pileg 2019 tingkat provinsi memastikan Partai Demokrat Papua mendapatkan delapan kursi yang sama banyaknya dengan partai Nasdem. Padahal sebelumnya partai berlambang mercy ini, menguasai sebagian besar kursi di DPR Papua dengan total 16 kursi. Hal demikian dikarenakan sejumlah kader berbelok (pindah partai)
“Sehingga anda (kader) yang ada saat ini ada tidak usah ragu. Kali ini, mungkin kita tidak terlalu beruntung, hanya delapan kursi. Tapi untuk ukuran parpol kita tertinggi sebab sebagian besar DPRD kabupaten maupun kota pun, Demokrat duduk di unsur pimpinan”.
“Ini karena penyelenggara pemilu diberikan kewenangan lebih sesuai aturan PKPU . Akibatnya ya seperti ini (perolehan kursi dicuri), ditambah penyelengaranya tidak bagus. Artinya, sistem penyelenggara Pileg memberi kewenangan bagi Panitia Pemilihan Distrik (PPD) (untuk menentukan suara), sehingga saya harap ini di evaluasi,” pintanya.
Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak yang juga sebagai inisiator peringatan HUT, turut menyoroti banyaknya kader yang pindah perahu akibat tergiur tawaran menarik.
Kendati demikian, dia berharap seluruh kader yang ada saat ini ada, tetap bersatu membesarkan partai yang sebelumnya pernah dipimpin Presiden dua periode tersebut. “Pimpinan kami seorang jenderal yang sampai hari ini, negara masih mengakui dan pakai dia sebagai tokoh di republik yang kita cintai ini. Untuk itu, saya harap kita terus bersatu, jaga kekompakan dan terus besarkan partai ini,” ajaknya.
Diketahui, dalam rangka HUT ke 18, DPD Partai Demokrat Papua menggelar Futsal Demokrat Cup 2019 yang dilaksanakan 2 – 7 September 2019 dengan diikuti 32 tim, memperebutkan uang pembinaan bagi juara pertama Rp25 juta, kedua Rp20 juta, ketiga Rp15 juta dan keempat Rp10 juta.
Pada 2020 mendatang, Partai Demokrat Papua berencana menggelar kejuaraan motor cross.

Editor : ERWIN RIQUEN/HANS BISAY

Komentar