DPRD Tolikara Gelar Sidang LKPJ Bupati

KARUBAGA (PTIMES)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tolikara, pekan kemarin menggelar rapat paripurna masa persidangan II di Aula Sidang DPRD Tolikara di Karubaga. Sidang yang digelar Kamis (29/08/2019) dan ditutup pada Jumat (30/8/2019) membahas sejumlah agenda penting diantaranya Rancanang Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018; dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kabupaten Tolikara Tahun Anggaran 2018; serta Raperda Non APBD tentang Pajak dan Retribusi Daerah.
Wakil Ketua II DPRD Tolikara Wes Kogoya dalam sambutannya menyampaikan DPRD Toliara memutuskan untuk menyetujui Raperda yang diajukan pihak eksekutif.“Keputusan DPRD Kabupaten Tolikara 02/APS/DPRD-TR/PMT/2019 tanggal,30 agustus 2019 tentang persetujuan Rancangan Peraturan Daerah Non APBD tentang Pajak dan Retribusi daerah dan Laporan pertanggungjawaban Bupati Tolikara Pelaksanaan APBD tahun Anggaran 2018,untuk itu ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Tolikara,”ungkap Kogoya disela-sela penutupan sidang.
Menurutnya, masa persidangan DPRD Kabupaten Tolikara kali ini merupakan sebuah momentum istimewa sekaligus bersejarah bagi lembaga legislatif dan eksekutif dimana melalui alat kelengkapan Dewan telah mendapat tanggapan,koreksi,serta masukan dari dewan yang positif.
Diakuinya, dalam persidangan ini masih terdapat kekurangan dan keterbatasan yang perlu dibenahi namun sorotan dan kritik dari dewan bersifat produktif untuk penyelenggaraan pembangunan, layanan mayarakat dan pemerintahan.
DPRD Tolikara, lanjut Kogoya, memahami bahwa tugas dan tanggung eksekutif yang dipimpin Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si dan Wakil Bupati Dinus Wanimbo,SH,M.H diperhadapkan begitu banyak pekerjaan berat untuk melakukan pembenahan – pembenahan. Oleh karenanya, sebagai mitra pemerintah, dewan siap mensuport bupati dan aparaturnya untuk meningkatkan pelayanan pembangunan.
Sementara itu, Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Tolikara, Anton Warkawani,SE mengapresiasi DPRD Tolikara yang
ikut aktif berpartisipasi dalam proses pembangunan,baik dalam proses perencanaan,pelaksanaan maupun pengawasannya.
“Berbagai saran dan kritik serta koreksi sangat bermanfaat bagi saya untuk membantu dalam menyelenggarakan jalannya pemerintahan dan proses pembangunan di Kabupaten Tolikara. secara khusus saya juga menyampaikan terimakasi kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tolikara,”ungkapnya.
Menurut Bupati Usman G.Wanimbo,SE,M.Si, rekomendasi yang disampaikan dewan merupakan pedoman dalam evaluasi menyeluruh terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Tolikara. rekomendasi ini akan ditindaklanjuti serta dijadikan acuan guna perbaikan kinerja Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang.

Editor: LEPIANUS KOGOYA