oleh

Percasi Papua Gelar Open Turnamen

JAYAPURA (PTIMES)- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia menggelar turnamen catur memperebutkan piala Ketua Pengprov Percasi sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) RI Ke-74. Open turnamen ini berlangsung selama 3 hari mulai 14-16 Agustus 2019 mendatang di Ruko Dok II Jayapura.
Ketua Pengprov Percasi Papua, Klemen Tinal,SE.MM mengatakan open turnamen tersebut diikuti 315 atlet dari berbagai usia. Dan akan digelar setiap tahun pada bulan Agustus jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
“Open turnamen ini adala Piala bergilir pertama yang kita putar untuk memperebutkan piala bergilir Ketua Pengprov Percasi,” ungkap Wakil Gubernur Papua itu kepada wartawan di Jayapura, Selasa, (14/08/2019).
Turnamen ini, lanjut Tinal, selain untuk memeriahkan HUT RI juga untuk pembinaan prestasi kepada atlet-atlet Catur terutama putra-putri Papua yang masih anak-anak dan remaja. “Kita bukan saja untuk hari ulang tahun tapi juga harus bicara prestasi.open turnamen ini akan dibuat setiap tahun di bulan Agustus. Harapan saya tahun depan disepanjang jalan ini dipenuhi oleh anak-anak untuk bermain catur,”harapnya.
Tinal mengajak para orang tua di Papua untuk memperkenalkan anak-anaknya bermain Catur karena Cabang Olahraga (Cabor) ini sangat baik untuk pengembangan kreatifitas, logika dan analisa anak-anak.”Catur ini sangat baik dalam pengembangan dari pada kreatifitas logika, analisa dari pada anak-anak kita,”ungkapnya.
Ditempat yang sama, Ketua Panitia penyelenggara open turnamen catur Sonny Ropa dalam sambutannya mengatakan bahwa iven ini dikuti 350 atlet dan merupakan turnamen dengan keikusertaan atlet terbanyak di Kota Jayapura.
“Pertandingan yang kita laksanakan selama tiga hari, untuk kategori senior akan mempertandingkan sistem switch manajer 9 babak dan untuk kategori junior sistem switch manaher 7 babak itu yang kita pertandingkan,”ungkap Sony.
Turnamen ini memperebutkan piala, piagam dan dana pembinaan. Untuk kategori senior juara I mendapat dana pembinaan sebesar Rp 3 juta, juara II Rp2,5 juta dan Juara III Rp2 juta.
Sedangkan kategori junior, juara I mendapatkan uang pembinaan Rp. 2,5 juta plus piala dan piagam penghargaan. “Pertandingan ini diikuti atlet-atlet yang sudah bertanding di tingkat nasional. Ada atlet PON 2020 dan atlet dari daerah-daerah,”tandas Sony Ropa.

Editor: HANS B/PANCA M

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed