oleh

2019, Dana Otsus Nabire Berkurang

NABIRE (PTIMES)- Dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2019 yang diterima 29 kabupaten/kota se Papua mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, termasuk untuk Kabupaten Nabire yang diperkirakan berkisar 45 hingga 55 persen dari jumlah dana Otsus tahun sebelumnya.
Penurunan ini seperti termuat dalam Peraturan Gubernur Papua Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pengalokasian Dana Otsus Kabupaten/kota Se Provinsi Papua Tahun Anggaran 2019.
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Nabire, Slamet, SE.,M.Si yang dikonfirmasi membenarkan penurunan alokasi dana Otsus untuk Nabire tahun anggaran 2019. Jika dibandingkan alokasi dana di tahun 2018 untuk Kabupaten Nabire berjumlah Rp109 miliar lebih, maka tahun ini dana Otsus yang diterima Pemerintah Kabupaten Nabire sebesar Rp45 miliar lebih.
Menurutnya, penurunan alokasi dana Otsus tahun ini yang terjadi secara siginifikan ini berkaitan dengan pembiayaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.
Dengan adanya pemotongan ini maka program-program pembangunan tahun 2019 yang bersumber dari dana Otsus seperti sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi rakyat mengalami pengurangan.
Dikemukakanya, total keseluruhan dana Otsus tahun 2019 untuk 29 kabupaten/kota di Papua sebesar Rp1.5 triliun lebih atau turun 50% dari tahun sebelumnya sebesar Rp3 triliun lebih.

Editor: SUROSO MISWAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed