oleh

Venue Paralayang Tolikara Akan Dipasang Vsat

KARUBAGA (PTIMES)- Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Papua dalam waktu dekat akan memasang antena vsat di venue (tempat lomba) Cabang Olahraga (Cabor) Paralayang di Puncak Bukit Tagalakpaga Karubaga Kabupaten Tolikara. Pemasangan jaringan internet tersebut untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.
Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Tolikara, Derwes Yikwa dalam press releasenya mengatakan pemasangan jaringan internet ini merupakan fasilitas pendukung PON yang nantinya digunakan atlet Paralayang untuk menentukan titik take off (terbang) maupun landing (mendarat).
“Tim teknologi komunikasi dan informasi Diskominfo Papua mengunjungi venue paralayang di Karubaga Tolikara. Kedatangan tim ini untuk menentukan titik koordinat pemasangan jaringan internet,”ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto,S.Kom yang memimpin langsung tim tersebut mengatakan tujuan kedatangan mereka ke Tolikara dalam rangka penentuan titik koordinat antena vsat di venue Paralayang.
“Kominfo Papua di PB PON membidangi teknologi komunikasi dan informasi. Makanya kami mendatangi Tolikara tepatnya di venue Cabor Paralayang di bukit Tagalakpaga untuk menskenariokan atau menentukan titik koordinat teknologi informasi,”kata Jeri Agus.
Kedatangan tim ini juga untuk menghitung kebutuhan bandwidth sehingga akses internet saat PON XX dapat terpenuhi dengan baik. “Kami lihat di tempat take off di Tagalakpaga belum ada jaringan internet. Kondisi ini menjadi perhatian kita bersama untuk bagaimana cari solusi yang tepat. Kami juga akan menghitung kapasitas bandwidth dan megabyte akses internet saat PON nanti,”ujar Jeri.
Lebih lanjut dikemukakan selain memasang antena vsat, Diskominfo berharap proyek satelit Palapa Ring Timur tuntas dan aktif tahun depan maka jaringan internet untuk menopang penyelenggaraan PON khususnya di Tolikara dapat terhubung.
Cabor Paralayang PON XX diselenggarakan di Karubaga Tolikara. Lokasi take off berada bukit Tagalakpaga sedangkan leading di lapangan merah putih karubaga.
Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE.M.Si mendukung penuh penyelenggaraan PON XX. Dan siap menjadi tuan rumah PON Cabor Paralayang.
“Kami mengapresiasi Bupati Usman G.Wanimbo karena sangat mendukung penuh iven PON XX dengan menyiapkan infrastruktur dasar Cabor Paralayang. Kami melihat hampir 97 persen sudah rampung,”harap Jeri Agus.

Editor: HANS B/KOMINFO TOLIKARA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed