oleh

Fix, Venue Selam PON XX di Jayapura

JAYAPURA (PTIMES)- Cabang Olahraga (Cabor) Selam pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua dipastikan berlangsung di Jayapura. Selam Laut berlangsung di depan Kantor Gubernur Papua Dok II Kota Jayapura sedangkan Selam Kolam digelar di venue Aquatic Kompleks Stadion Papua Bangkit Kampung Harapan Kabupaten Jayapura.

Sekum KONI dan Ketua POSSI Serta Pengurus Wushu Foto Bersama Usai Pertemuan di Kantor KONI Papua

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), Mayor Jenderal TNI Mar (Purn) Buyung Lalana, SE kepada pers di Jayapura mengatakan penetapan venue (tempat lomba) Selam PON XX di Jayapura dilandasi berbagai pertimbangan dan juga merupakan hasil rekomendasi dari Technical Delegate (Delegasi Teknik) Cabor Selam saat meninjau lokasi venue Selam di Papua beberapa waktu lalu.
“Kita menyetujui bahwa tempat yang ditentukan adalah di Jayapura. Apalagi waktu jelang PON sudah semakin mendekat,”ungkap Lalana usai pertemuan dengan Sekretaris Umum KONI Papua, Kamis sore(18/7/2019) di Kompleks Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih APO Jayapura.
Ketua PB POSSI Didampingi Ketua dan Sekum POSSI Papua diskusi Persiapan PON XX.

Lomba Cabor Selam awalnya direkomendasikan di Biak. Namun karena pertimbangan waktu dan fasilitas pendukung yang lebih memadai, maka venu Selam diputuskan di Jayapura. Namun demikian, kata Buyung Lalana, kedepan PB POSSI akan menggelar iven-iven selam di Kabupaten Biak. Pasalnya kabupaten yang dijuluki kota karang itu, memiliki potensi wisata yang bagus.
“Justru biak itu yang perlu kita explore itu dan kita kembangkan adalah dari segi wisatanya. Di sana ada potensi wisata sejarah, wisata underwater, kemudian juga ada wisata terumbu karang dengan keindahan ikan-ikannya,”ungkapnya.
Menurutnya, salah satu iven yang perlu dilakukan kedepan di biak ada freedive, olahraga menyelam ini sangat mendunia, dan jika iven freedive ini bisa dilaksanakan, tentu penyelam-penyelam mancanegara akan datang ke Biak.
Menjawa pers terkait nomor pertandingan, Buyung Lalana mengatakan kurang lebih 14 nomor yang sudah ditetapkan oleh PB POSSI. Tetapi masih terbuka untuk ditambah untuk fins swimming nomor laut dan kolam. “Untuk nomor pertandingan masih bisa ditambah , nanti kita akan koordinasi lagi kedepan bersama pengurus POSSI maupun Papua sebagai tuan rumah,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya,SP.M.SI mengatakan dalam berbagai diskusi dan rapat, venue Cabor Selam PON XX diusulkan berada di Kabupaten Biak Numfor. Namun bila, PB POSSI dan Technical Delegate Selam memutuskan Jayapura sebagai venue Selam maka KONI Papua mendukung keputusan tersebut.
Namun demikian, lanjut Kenius Kogoya, KONI akan berkoordinasi dengan Pengurus Besar (PB) PON terkait akomodasi dan fasilitas pendukung lainnya. “Pada prinsipnya KONI mendukung keputusan POSSI dan TD, karena kebetulan atlet kami itu sudah berlatih di sini di Jayapura. Namun disisi yang lain Pemerintah Biak Numfor meminta untuk Selam bisa dipertandingkan di di Biak, makanya nanti kita bicarakan dulu,”ujarnya.
Kenius menambahkan dengan keputusan venue Selam di Jayapura, maka PB PON perlu mempertimbangkan untuk mengganti salah satu Cabor ke Biak.
“Menjadi pertimbangan khusus untuk kami menyampaikan kepada PB PON supaya mereka bisa tukar dengan cabang olahraga lain yang bisa dipertandingkan di Biak,”usulnya.

Editor: HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed