Bupati dan Sekda Buka Tes Beasiswa Otsus, Program Siswa Unggul Diapresiasi

JAYAPURA (PTIMES)- Bupati Kabupaten Boven Digoel, Benediktus Tambonop S.STP mengapresiasi visi misi gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang handal dan unggul melalui Program Siswa Unggul Papua Penerima Beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Siswa di Boven Digoel Antusias Mengikut Tes Beasiswa Otsus

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Boven Digoel berterima kasih atas kesempatan bagi anak-anak kami untuk mendapatkan beasiswa. Apresiasi yang tinggi kepada pak gubernur dan wakil gubernur atas program ini,”ungkap Bupati Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris calon Siswa Unggul Penerima Beasiswa Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua tahun 2019, Jumat pagi (28/6/2019) yang berlangsung SMA Negeri 1 Boven Digoel.
Bupati Bersama Panitia Seleksi dan Perwakilan Peserta Tes

Lebih lanjut Bupati Benediktus mengatakan keikutsertaan anak-anak asli Boven Digoel dalam tes dan seleksi beasiswa Otsus Papua ini merupakan yang pertama kalinya. Dan dinilai sangat baik karena memberikan kesempatan sekaligus proteksi bgai anak-anak asli Papua khususnya di Kabupaten Boven Digoel.
“Pemerintah Kabupaten Boven Digoel berterima kasih karena ini untuk pertama kali anak-anak dari Boven Digoel diberikan kesempatan mengikuti tes siswa unggul Papua,”ujar Bupati bangga.
Orang nomor satu di Kabupaten Boven Digoel itu juga berharap program yang dibiayai dari dana Otonomi Khusus ini dapat dilanjutkan kedepan sehingga melahirkan generasi Papua yang handal dan unggul di berbagai bidang.“Semoga kedepannya Boven Digoel masih terus diberi kesempatan yang sama,”tandas Bupati.
Sekda Merauke Menyematkan Kartu Tes Kepada Peserta.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Merauke Drs. Daniel Pauta dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Mimika, Drs. Marthen Paiding atas nama pemerintah Merauke dan Mimika mendukung Program Siswa Unggul yang digagas Pemerintah Provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus.
Peserta Tes di Kabupaten Merauke Mengikuti Arahan Sebelum Tes.

Keduanya berharap dengan program ini generasi Papua yang berada di daerah kabupaten dan kota dapat memiliki kesempatan untuk belajar di berbagai perguruan tinggi terbaik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.
Sekda Merauke dan Mimika, Jumat pagi, mewakili bupati resmi membuka tes TPA dan Bahasa Inggris yang berlangsung di di SMA YPK 1 Merauke dan SMA Negeri 1 Timika.
Sekda Mimika Didampingi Panitia Seleksi Memberikan Arahan Sebelum Pelaksanaan Tes.

Tes TPA dan bahasa Inggris di Kabupaten Boven Digoel diikuti 69 siswa sedangkan peserta tes di Kabupaten Mimika, diikuti 126 peserta dari Kabupaten Asmat dan Kapaten Mimika sedangkan Di Kabupaten Merauke diikuti 90 peserta.
Sekretaris Dinas P dan P Memberikan Sambutan Pembukaan Tes Akademik dan Bahasa Inggris Progra Siswa Unggul Papua Beasiswa Otsus.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendikan dan Pengajaran Kabupaten Yahukimo atas nama bupati juga membuka tes yang sama di SMA Negeri 2 Dekai diikuti 35 siswa.

Editor: HANS B/CARLOS M