oleh

Sagu Dipromosi Jadi Kudapan PON XX

JAYAPURA (PTIMES)- Makanan pokok masyarakat asli Papua Sagu bakal diolah menjadi bahan makanan utama dan kudapan (kue) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih tahun 2020 mendatang.

Pengolahan tepung sagu menjadi berbagai aneka jenis makanan itu merupakan bagian dari partisipasi Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Masyarakat (TP PKK) Provinsi Papua dalam rangka mempromosikan makanan khas lokal Papua saat PON nanti.
Hal itu dikemukakan Wakil Ketua TP PKK Papua Ny. Yolanda Tinal kepada pers di Jayapura. “Kue sagu ini kan memiliki nilai gizi tinggi, sehingga tak salah bila kami dorong dan harapannya bisa diterima semua pihak saat pelaksanaan PON nanti,”kata Yolanda.

Dia juga memastikan bahan baku pembuatan kue sagu yang disajikan saat PON, seluruhnya dibeli dari masyarakat Papua. PON adalah hajatan nasional sehingga harus berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat asli Papua.
Ibu Wakil Gubernur Papua itu meminta instansi tekhnis di pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota agar mendorong pembentukan koperasi anak asli Papua yang nantinya menjadi wadah untuk menjual makanan maupun kerajinan asli Papua di PON nanti.
“Pemerintah wajib mendukung diantaranya dengan mendatangkan ahli-ahli masak sehingga bisa diambil ilmunya.Contoh, dari Jepang pintar bikin kue, jadi disini kita pakai sagu asli Papua lalu dimodifikasi mungkin pakai coklat sehingga dibuat kue. Bisa juga dari buah merah dan ini memang jadi tugas para mama-mama Papua,”kata Yolanda.
Dia menambahkan bahwa dalam waktu dekat, TP PKK Papua akan mendatangkan juru masak internasional maupun ahli souvenir untuk membina mama-mama Papua dalam mengolah bahan makanan yang bakal disajikan di PON XX.

Editor: JAVARIS R SINAMBELA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed