DKP: Ikan Danau Sentani Aman Dikonsumsi

JAYAPURA (PTIMES)- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua memastikan ikan di Danau Sentani aman untuk di komsumsi. Hasil pemeriksaan Laboratorium Kesehatan menyebutkan ikan Gabus Sentani, ikan Mujair dan ikan lainnya layak konsumsi dan tidak tercemar.
Kepala Dinas DKP Provinsi Papua, Drs. FX Motte,M.Si kepada pers di Jayapura menegaskan isu terkait ikan di danau Sentani memakan bangkai jasad korban banjir bandang beberapa waktu lalu adalah tidak benar.
Menurutnya, rata-rata ikan yang berkembang biak di Danau Sentani merupakan jenis herbivora sehingga tidak akan memakan bangkai. “Kecuali beberapa jenis seperti ikan lohan danau, namun tetap saja tidak ada pengaruhnya,”ungkap Motte.
Lebih lanjut, kata FX Motte, yang perlu dikhwatirkan masyarakat adalah sampah dan limbah yang mengalir ke Danau itulah yang akan menjadi racun bagi kesehatan manusia.” Yang masyarakat khwatirkan sebenarnya adalah jika ikan-ikan tersebut memakan sampah plastik atau limbah. Karena itu dipastikan sangat beracun dan tak baik bagi tubuh manusia,”ujarnya seraya menambahkan DKP Papua menjamin ikan di Danau Sentani layak konsumsi dan tidak perlu dikeluarkan surat untuk hal tersebut.
Pada kesempatan tersebut, Kadis DKP Papua itu mengimbau Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk menggelar makan ikan bersama dengan seluruh warga di Danau Sentani, guna mematahkan sugesti negatif akibat imbas dari bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu. “Sebab kemarin ada pemikiran kalau ikan di Danau Sentani mengkonsumsi jasad korban banjir bandang.”
Dia menyarankan Bupati Jayapura beserta dinas terkait menggelar kampanye makan ikan sehingga tidak ada lagi stigma negative mengenai keberadaan ikan di Danau Sentani “Perlu ada kampanye makan ikan bersama di Danau Sentani, sehingga tak ada stigma liar negatif yang mengemuka di masyarakat,”tandas FX Motte.

Editor: HANS BISAY

Komentar