oleh

Fix ! TC PON Minggu Keempat April

JAYAPURA- Pencanangan Training Center (TC) terpusat kontingen Papua menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dipastikan pada minggu ke 4 bulan April 2019 ini. Dengan pencanangan tersebut maka seluruh pengendalian pemusatan latihan menjadi tanggung jawab sepenuhnya tim Pusat Pembinaan dan Pelatihan Provinsi Papua (Puslatprov) yang diketuai Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII Cenderawasih, Brigjen TNI Irham Waroihan.

Demikian disampaikan Sekertaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya SP. M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya Kamis petang (04/4/2019). “Kita akan awali dengan pencanangan TC terlebih dulu dan itu akan di buka oleh Gubernur Papua Lukas Enembe S.Ip MH, di minggu keempat bulan April sekitar tanggal 26 atau 27 April,”kata Kenius.

Menuju ke pencanangan TC terpusat, lanjut Kenius, saat ini KONI sedang melakukan tes berkala tahap pertama. Setelah tes fisik dan kesehatan ini dilakukan maka hasilnya digunakan sebagai parameter oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor) dan KONI Papua untuk melihat perkembangan atlet yang sudah menjalani TC berjalan selama ini.

“Sekarang kita sedang melakukan tes berkala tahap pertama sebagai parameter untuk mamastikan atlet yang akan mengikuti TC. Terakhir besok, ada beberapa cabang olahraga seperti sepakbola, basket dan juga Volly atletnya akan menjalani tes,”jelas Kenius Kogoya.
Dia menambahkan setelah pecanangan dilakukan maka seluruh Cabor dan urusan-urusan terkait lokasi TC, Pelatih hingga keberadaan atlet menjadi tanggung jawab tim Puslatprov.

“Tim Puslatprov sudah terbentuk dan Surat Keputusan (SK)-nya sudah ada dan di Ketuai oleh Pak Kasdam di bantu oleh wakil-wakil Ketua dan Sekertarisnya Kadisorda. Jadi ini tim yang nanti akan menyiapkan dan mengawal serta mengawasi proses TC. Pengprov Cabor mau ganti atlet atau pelatih, Puslatprov yang akan merekomendasikan. Tim Puslatprov yang akan mengawal semua proses pelaksanaan TC sampai dengan PON 2020,”tandasnya.

Menjawab pers terkait TC di luar negeri, Kogoya mengatakan Cabor yang akan menjalani pemusatan latihan di luar negeri difokuskan bagi Cabor dengan nomor-nomor perorangan.
“Kita kirim ke luar negeri terutama Cabor yang perorangan baik itu bela diri ataupun permainan akurasi yang bisa kita titip anak-anak kita kerjasama dengan Korea, Philipina, Thailand atau di beberapa tempat asal usul cabor itu,” terangnya.
Mengakhiri keterangannya, Sekum KONI kembali menegaskan bahwa TC terpusat kontingen Papua tidak akan bergeser lagi dan akan dicanangkan minggu ke empat April.
“Jadi pencanangan TC akan kita laksanakan di minggu ke empat bulan April tidak akan undur, jadi yang cabor yang sudah siap maupun belum siap, pencanangan akan kita lakukan,” tegasnya.

Editor: HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed