Gubernur: Status Bencana Sentani Siaga Darurat

Gubernur Papua saat menyambangi korban-korban bencana banjir bandang di Sentani, Rabu.

JAYAPURA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memutuskan bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura sebagai status Siaga Darurat Bencana hingga 7 hari kedepan. Penetapan sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua tertanggal 19 Maret 2019.
Gubernur Papua, Lukas Enembe.S.IP.MH dalam keterangannya menyebutkan penetapan status ini merujuk pada analisa Badang Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura bahwa intensitas curah hujan yang tinggi masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.
“Dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi di Kabupaten dan Kota Jayapura serta di wilayah lainnya, maka perlu upaya kesiapsiagaan di wilayah setempat. Status siaga bencana ini sudah disampaikan juga ke Presiden,” kata Lukas.
Ia pun menambahkan, dengan penetapan status siaga bencana banjir dan tanah longsor ini perlu adanya langkah-langkah untuk menghadapi bencana guna meminimalisir dampak yang mungkin terjadi. Salah satunya melalui langkah deteksi dini.
“Seluruh stakeholder harus dipersiapkan untuk melakukan tindakan antisipasi terjadinya bencana, mengaktifkan tim reaksi cepat, penyelamatan dan evaluasi bila terdapat potensi bencana dan informasi potensi kejadian di masyarakat,” jelasnya.
Gubernur didampingi Pejabat Papua menyambangi korban

Enembe kembali mengingatkan warga untuk tetap waspada karena curah hujan yang masih tinggi di wilayah setempat. Ia juga meminta semua instansi terkait, dunia usaha dan masyarakat agar dapat melakukan antisipasi potensi terjadinya banjir dan tanah longsor. “Kami mengimbau warga kalau bisa pindah ke tempat yang lebih aman atau lebih bagus ke tempat pengungsian yang sudah disediakan Pemerintah. Warga harus terhindar dari tempat yang masih rawan,” imbuhnya.
Rabu (20/3/2019) Gubernur Lukas Enembe,S.IP.MH didampingi Ny Yulce W Enbembe bersama Sekertaris Daerah (Sekda) TEA Hery Dosinaen,S.IP.MKP.M.Si, Asisten III Bidang Umum Setda Provinsi Papua, Elysa E Auri,SE.MM, Asisten II Dr.Ir.Noak Kapisa, M.Sc, Kepala Dinas Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk,S.Sos,MM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Welliam R. Manderi, S.IP. M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Drg.Aloysius Giay,M.Kes, Kepala Dinas Girius One Yoman, S.Pd. M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo),Kansiana Salle,SH dan pejabat lainnya.

Editor: MOSCHE CL