Gubernur Papua Terima Golden Award SIWO PWI 2019

SURABAYA- Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP,MH mendapat penghargaan Golden Award dari Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) tahun 2019 untuk kategori Gubernur Peduli Olahraga. Golden Award tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, TEA Hery Dosinaen,SIP,MKP,M.Si mewakili Gubernur Papua di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 8 Februari 2019 malam.

Pemberian Golden Award ini merupakan rangkaian acara utama peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2019. Selain Gubernur Lukas Enembe, sejumlah tokoh peduli olahraga juga memperoleh penghargaan Golden Award dalam kategori berbeda. Di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sekda Papua Hery Dosinaen kepada wartawan, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada SIWO PWI, yang sudah memberikan penghargaan kepada Gubernur Papua atas kepeduliannya terhadap olahraga di bumi Cenderawasih.
Menurut Sekda, SIWO PWI juga telah mengetuk hati para penyelenggara pemerintah dan seluruh masyarakat Papua untuk peduli terhadap kemajuan olahraga di Tanah Papua. “Olahraga menyatukan bangsa dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ujarnya.
Gubernur Enembe dinilai konsisten memperjuangkan Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020. Perjuangan itu dimulai sejak tahun 2014, dengan melakukan Road Show ke 34 Provinsi se Indonesia untuk mencari dukungan.
Tidak hanya menguras pikiran dan tenaga, tetapi juga membutukan biaya yang sangat besar. Tetapi hal itu tidak menjadi hambatan dan tantangan untuk mewujudkan Papua menjadi tuan rumah PON 2020. Dan Papua menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaran PON di luar wilayah pulau Jawa.
“Mudah-mudahan dengan PON XX tahun 2020, Papua lebih bisa dan percaya, dari ufuk yang paling timur, kami siap untuk melaksanakan PON dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”kata Sekda.
Penetapan Papua menjadi tuan rumah berdasarkan Surat Keputusan Menpora Nomor 0110 tahun 2014 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 2 April 2014 oleh Menpora Roy Suryo.
Terpilihnya Papua berdasarkan pertimbangan rapat anggota KONI. Dimana, provinsi Papua memperoleh suara terbanyak dengan 66 suara. Sedangkan dua provinsi lainnya yang ikut proses bidding, Bali dan Nanggroe Aceh Darussalam, masing-masing memperoleh 46 suara.
Ketua SIWO PWI Pusat Aagwa Ariwangsa mengatakan, acara Golden Awards tahun ini sangat istimewa karena momentumnya disemangati sukses Indonesia, sebagai tuan rumah dan pencapaian prestasi atlet Asian Games dan Asian Para Games 2018. Khusus untuk pencapaian prestasi, Indonesia menembus posisi empat besar Asian Games 2018 dengan raihan 31 medali emas, serta berada pada posisi lima besar Asian Para Games dengan torehan 37 medali emas.
Selain Gubernur Papua terdapata juga 7 gubernur yang mendapat penghargaan yang sama yakni Gubernur Sumatera Utara: Letjen TNI (Pur) Edy Rahmayadi,
Gubernur Kepuluan Riau: Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, Msi, Daerah Istimewa Yogyakarta: Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Kalimantan Utara: Dr. Irianto Lambrie, Gubernur Kalimantan Selatan: H Sahbirin Noor,Gubernur Sulawesi Tenggara: Ali Mazi, SH, dan Gubernur Jawa Timur: Dr. H. Soekarwo, SH, M.Hum.

Editor: HANS BISAY