Rp200 M Tuntaskan Ring Road Skyland

JAYAPURA- Proyek pembangunan jalan lingkar (Ring Road) dari Hamadi ke Skyland, Kota Jayapura masih tersisa 250 meter lagi dan dipastikan akan selesai tahun ini. Anggaran yang dibutuhkan untuk penyelesaian pembangunan jalan lingkar tersebut sebesar Rp200 miliar dan akan dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018.
Sebelumnya, jalan lingkar ini dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), namun pemerintah pusat mulai menarik diri dari pembangunan ring road sejak 2015 lalu.“Sebenarnya ring road ini bisa cepat rampung namun yang menghambat pembangunannya adalah pembangunan di ruas jalan hamadi-skyline sepanjang 3,5 kilometer. Kemudian pemerintah pusat ikut menarik diri dalam pembangunanya, namun kami dari provinsi tetap berkomitmen untuk melanjutkan, sehingga kita terus dorong dengan target tahun ini mesti selesai,” tegas dia.
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Djuli Mambaya,ST sejak 2015 pembangunan jalan lingkar tersebut sudah tidak lagi menggunakan APBN sehingga menyebabkan pembangunannya terhambat.”Pembangunan jalan lingkar Hamadi-Skyland sepanjang 3,5 kilometer tersebut seharusnya selesai delapan tahun lalu, namun karena tidak ada anggaran akhirnya terhenti dan baru belakangan dilanjutkan lagi,” ujarnya.
Saat ini pihak rekanan sementara mengerjakan pembangunan jalan lingkar sepanjang 250 meter. Dia optimis, tahun ini pembangunannya sudah akan rampung. “Ring road segera rampung. Dan pastinya dengan adanya ring road, saya yakin mapu mengatasi kemacetan juga untuk mengurangi beban jalan di skyland”. “Apalagi jalan di skyland ini menurut penelitian sudah mulai bergeser karena besarnya yang melewati jalan itu. Sebab seluruh kontainer dari Pelabuhan Laut Jayapura, kerap melalui jalan ini untuk menuju ke wilayah Abepura,” terang dia di Jayapura.

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar