oleh

KONI Pusat Sepakati 7 Cabor Usulan Papua

JAYAPURA- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akhirnya menyepakati 7 Cabang Olahraga (Cabor) tambahan yang diusulkan KONI Papua untuk dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Tanah Papua. Ketujuh Cabor tersebut antara lain Muaythai, Rugby, Gateball, Woodball, Petanque, Tarung Derajat dan Dansa.
Kesepakatan antara KONI Pusat, Pemprov Papua, KONI Papua dan PB PON XX itu disahkan melalui Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung sehari sejak Senin (12/3/2018) pagi dan berakhir pukul 20:00 waktu Jakarta.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP,MKP usai Rakor menyampaikan apresiasi kepada KONI Pusat yang telah memberikan waktu dan perhatian untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX di Tanah Papua. Secara khusus, Sekda, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Ketua KONI dan seluruh jajaran KONI Pusat yang telah mendukung dan menyetujui penambahan 7 Cabor usulan KONI Papua.
“Saya mewakili pemerintah Papua menyampaikan rasa syukur dan terimah kasih kepada Koni pusat yang telah mendukung dan menyetujui ke 7 cabor ikut dipertandingkan di PON XX Tahun 2020 di Papua,”kata Hery yang juga Ketua Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (PELTI) Papua.
Menurut Sekda, penambahan 7 Cabor tidak terlalu membebani anggaran pemerintah karena cabor itu sebelumnya sudah masuk anggaran. “Jadi penambahan cabor ini tidak terlalu membebani kita,” imbuhnya.
Dengan penambahan ini, maka jumlah Cabor yang dipertandingkan pada PON XX tahun 2020 di Papua tetap berjumlah 45 Cabor. Namun demikian, salah satu Cabor yakni Bowling masih dalam pembahasan lanjutan. Lantaran kepengurusan Cabor tersebut belum aktif dan juga pembangunan venuenya dan peralatannya menelan anggaran yang terbilang cukup besar.
Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman mengatakan mengingat waktu pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua yang semakin dekat maka Technical Delegate (TD) KONI Pusat akan turun ke Papua untuk meninjau langsung sejauh mana kesiapan pembangunan venue dan fasilitas pendukung PON di lima kluster.
Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si mengapresiasi KONI Pusat yang telah menyetujui usulan Cabor tambahan dari Papua. Dengan persetujuan tersebut maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menggelar pertemuan dengan Pengurus Pusat Cabor-Cabor PON XX dan juga ketujuh Cabor tambahan yakni Muaythai, Rugby, Gateball, Woodball, Petanque, Tarung Derajat dan Dansa.
Untuk diketahui hadir dalam Rakor tersebut Ketua Umum KONI Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman, Wakil Ketua KONI Pusat, Mayjen TNI (Pur) Suwarno Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen,S.IP,MKP, Sekretaris Pengurus Besar (PB) PON, DR. Yusuf Yambeyabdi,ST,MT, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya,SP,M.Si, Wakil Ketua KONI Papua, John Rouw Banua,SE, Wakil Sekretaris KONI Papua, Rahmad Maribun,S.Kom, Anggota Binpres KONI Papua, Benny Maniani, Noach Baransano, Ketua Bidang Kesejahteraan dan Umum dr. Nicodemus Kogoya, George Weyasu dan Humas KONI Papua, Javaris Sinambela dan Jules Rumabar.

Editor: ROBIN SINAMBELA/HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed