oleh

Dana PON XX Masuk APBD 2018

JAYAPURA- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diinstruksikan segera membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) induk tahun 2018. Dalam KUA PPAS itu menyertakan pendanaan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.
Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Herry Dosinaen,S.IP,M.KP di Kantor Gubernur Papua Dok II Jayapura, Senin (9/10/2017). “Sesuai dengan arahan gubernur agar APBD Induk 2018 rampung bulan ini, maka tiap pimpinan SKPD dan staf segera bekerja. Siapkan KUA PPAS APBD induk sehingga dalam pembahasan dengan dewan program-program pendanaan untuk PON dapat terakomodir,”ungkap Sekda.
Sebelumnya, Gubernur Papua meminta agar dokumen KUA PPAS segera diselesaikan sehingga rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 dikirim ke dewan untuk dibahas dan dapat disahkan pada bulan Oktober 2017. Agar pelaksanaan kegiatan tahun depan bisa berjalan di awal tahun.
Ia berharap pemerintah kabupaten dan kota pun melakukan hal yang sama. Supaya, pelaksanaan kegiatan pembangunan di 2018 tak terganggu karena sebagian besar bakal diisi dengan agenda politik.
Sementara itu, Sekretaris Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Drs. Indro Baskoro, M.Si mengharapkan, penyusunan APBD tahun 2018 dapat menjadi stimulus dan dilakukan sebaik mungkin sesuai koridor hukum.“Kita berharap penyusunan APBD 2018 bisa tepat waktu. Selain itu, harus sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2018,”katanya.
Ditambahkan, Permendagri harus menjadi komitmen bersama agar akuntabilitas yang sudah diatur dapat bergerak dalam mengefisiensikan dan mengefektikan anggaran dan program yang ada.
Pekan kemarin, Pemerintah Provinsi Papua menggelar pelatihan tata cara pengisian sistem aplikasi Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pelatihan selama tiga hari ini, dibuat dalam bentuk workshop penerapan E-Budgeting, Rabu (4/10) di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua.
Asisten III Bidang Umum Setda Provinsi Papua, Elysa F Auri,SE,MM disela-sela kegiatan itu mengatakan melalui pelatihan ini, seluruh SKPD pun dapat mengetahui perencanaan serta penganggaran secara terintergrasi dengan KUA PPAS. Dengan demikian, setiap program yang telah tersusun dalam KUA PPAS dapat dilihat secara online.

Editor: HANS BISAY

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed