oleh

PUPR Siapkan Eksavator Gali Kali

JAYAPURA- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua menyiagakan dua unit ekscavator untuk menangani masalah banjir di Kota Jayapura. Kedua alat berat tersebut digunakan untuk melakukan normalisasi kali dan selokan.
Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua, Djuli Mambaya,ST kepada pers di Jayapura, Selasa (5/9/2017). Dua unit ekscavator tersebut masing-masing berukuran besar dan kecil.“Khusus untuk eskavator kecil digunakan menangani selokan maupun saluran air yang tersambut. Ekskavator besar tentunya untuk kali,” kata dia.
Mambaya menekankan bahwa penanganan masalah banjir di Kota Jayapura merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Jayapura. Dan Dinas PUPR tetap berkoordinasi untuk mendukung dalam mengatasi masalah banjir.
Lebih lanjut dikemukakan Mambaya, untuk meminimalisir masalah banjir yang sering terjadi di Kota Jayapura, Dinas PUPR tahun ini akan melakukan pelebaran saluran drainase di sekitar ruas jalan raya Entrop- Abepura tepatnya di kawasan SMA V Enttrop dan CV Thomas. Pelebaran Drainase tersebut dikoordinasikan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional XVIII.”Pelebaran drainase pada ruas jalan sekitar CV. Thomas Entrop, kemudian mengalirkan air dari sisi jalan satu ke yang lain (crossing)”.
Pada kesempatan itu, Mambaya juga menghimbau masyarakat yang bermukim di kawasan yang rawan terjadi banjir untuk berkontribusi menjaga kebersihan dan lingkungan sekitarnya. Pasalnya, meski pemerintah membangun berbagai infrastruktur yang memadai tetapi jika tidak didukung masyarakat melalui pola hidup bersih, maka bencana alam dan banjir masih tetap terjadi.“ Masyarakat harus ikut menjaga kelestarian lingkungan. Jangan sampah pada tempat sembarangan dan tidak menebang pohon,”tutur Djuli.

Editor: LEPIANUS KOGOYA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed